Degradasi Zat WarnaMethylene BlueDengan Metode Oksidasi Menggunakan Kalium Ferrat

Authors

  • Nur Annisa Teknik Kimia/Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Fajar Budi Guntoro Teknik Kimia/Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lola Charolita Teknik Kimia/Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Tri Widayatno Teknik Kimia/Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Kalium Ferrat: Degradasi: Methylene Blue: pH: Rasio Molar.

Abstract

Saat ini industri tekstil terus berkembang, baik industri dengan skala rumahan maupun dengan skala besar. Akibatnya, limbah cair yang dihasilkan pada lingkungan sekitar semakin banyak dan dampak yang ditimbulkan jika limbah tersebut mencemari badan air bagi kesehatan adalah bersifat racun.Untuk itu, diperlukan sebuah treatment yang dapat digunakan untuk mengolah limbah cair tersebut. Pada penelitian ini, dilakukan degradasi menggunakan kalium ferrat karena senyawa ini merupakan oksidator yang memiliki potensial reduksi yang tinggi, ramah lingkungan, serta menghasilkan produk treatment dengan kualitas lebih baik dan biaya operasional yang rendah. Kalium ferrat disintesa menggunakan wet methode dan dikarakterisasi sebelum dilakukan treatment dengan methylene blue. Pengujian kuantitatif dilakukan menggunakan spektrofotometri UV-Vis dengan panjang gelombang 440nm-490nm, pH dengan rentang 9-10, dan rasio molar pada 1:1-5:1. Hasil penelitian dapat menunjukan bahwa kalium ferrat dapat bekerja secara optimum pada pH 9,6 dengan persentase sebesar 82,8% dan rasio molar optimum pada 5:1 dengan persentase sebesar 87,7% setelah 30 menit di degradasi dengan perbandingan kaliumferrat : methylene blue.

References

Kwartiningsih E, Dwi A S, Agus W, et al. Zat Pewarna Alami Tekstil Dari Kulit Buah Manggis. Ekuilibrium. 2009 ; 8(1):41-47.

Nurhayati R dan Nita K. Pemanfaatan Kalium Ferrat Dalam Pengolahan Limbah Pewarna Blue Direct 2B.Inotek. 2012 ; 16(1):1-14.

J iang J Q and Lloyd B. Progresses in the Development and Use of Ferrate (VI) Salt as an Oxidant and Coagullant For Water and Wastewater Treatment. Water Research. 2002 ; 36:1397-1408.

Sharma V K. Pottasium Ferrate(VI) an Environmentally Friendly Oxidant. Advances in Environmental Research. 2002 ; 6 : 143-156.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Annisa, N., Guntoro, F. B., Charolita, L., & Widayatno, T. (2020). Degradasi Zat WarnaMethylene BlueDengan Metode Oksidasi Menggunakan Kalium Ferrat. Prosiding University Research Colloquium, 215–219. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/920