Pembuatan Kertas dari Limbah Padat Produksi Tepung Aren Dengan Proses Soda

Authors

  • Maulidina Juliano Karesi Teknik Kimia/Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ahmad M Fuadi Teknik Kimia/Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Aren; Brightness; Pulping; Chelating; Bleaching

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris,dengan jumlah limbah pertanian yang cukup banyak salah satunya limbah tepung aren. Industri tepung aren di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menghasilkan limbah tepung aren sejumlah 659 ton/tahun atau 2,19 ton/hari. Umumnya limbah tepung aren dimanfaatkan oleh pabrik  jamur,namun setelah industri jamur yang memanfaatkan limbah aren mengalami kebangkrutan,pihak industri mengalami kesuliatan membuang limbah, sehingga limbah dibuang di bantaran sungai dan di jalan-jalan, padahal dilihat dari dari penelitian sebelumnya diketahui bahwa ampas pati aren mengandung komponen-komponen sebagai berikut: selulosa (60,61 %), hemiselulosa (15,74 %), lignin (14,21 %), glukosa reduksi (0,5689 %), air ( 7,87 %) dan lain-lain (0,1 %) sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan baku alternatif untuk pembuatan kertas yang saat ini 90% masih didominasi oleh kayu. Pada penelitian ini limbah tepung aren dikenakan proses pulping, chelating, dan bleaching sebelum dicetak menjadi kertas. Proses pembuatan kertas menggunakan proses soda dengan variabel konsentrasi NaOH 3% 5% dan 8%,. Pada proses  pulping dilakukan pada temperatur 105oC dengan variasi waktu  30, 60, 90,120 dan 180 menit, lalu dikeringkan dalam oven pada temperatur 105 oC selama 2 jam. Kemudian setelah pulping dilakukan proses chelating dengan menggunakan H2SO4 0,2% dan EDTA 0,8% dengan suhu 70oC selama 60 menit sedangkan proses bleaching menggunakan H2O2 8% selama 90 menit dengan suhu 80 . Didapatkan hasil bahwa semakin tinggi konsentrasi NaOH dan semakin lama waktu pemasakan maka bilangan kappa dan kadar ligninnya akan semakin turun sedangkan derajat putihnya semakin naik. Hasil terbaik diperoleh pada konsentrasi 8% pada waktu 60 menit dengan brightness yang didapat sebesar 59,31.

References

Budtova,T and Patrick Navard. 2015. Cellulose in NaOH–Water Based Solvents. Cellulose. Springer.

Coniwanti, P., M. Nugra Prima Anka., dan Christoforus Sanders. 2015. Pengaruh Konsentrasi, Waktu dan Temperatur Terhadap Kandungan Lignin Pada Proses Pemutihan Bubur Kertas Bekas.Jurnal Teknik Kimia. 21(3)

Ditjen Bina Produksi Kehutanan. 2009 . Kebutuhan Kertas Domestik Meningkat. Koran Sindo. Jakarta.

Fuadi A.M., Kusmiyati, dan Deny V. 2009. Pengaruh Waktu, suhu dan Komposisi Chelating Agent pada Proses PelepasanMetal Ions di dalam Pulp. Simposium Nasional RAPI VIII.

Jarriault, B. A., Dominique Lachenal., Christine Chirat., and Laurent Heux. 2014. Upgrading Softwood Bleached Kraft Pulp to Dissolving Pulp by Cold Caustic Treatment and Acid-Hot Caustic Treatment.Industrial Crops and Products.Elsevier

Li, R., Sen Wang., Ang Lu., and Lina Zhang. 2015. Dissolution of Cellulose from Different Sources in An Naoh/Urea Aqueous System at Low Temperature.Cellulose.Springer. (22): 339–349

Muladi, S. 2013. Diktat Kuliah Teknologi Kimia Kayu Lanjutan. Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman. Samarinda.

Purnavita, S. dan Sriyana, H. Y. 2013. Produksi Bioetanol dari Limbah Ampas Pati Aren Secara Enzimatik dengan Menggunakan Mikrobia Selulotik Ekstrak Rayap. Jurnal Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian. 8(2):54-60

Purnawan. 2011. Pemanfaatan Limbah Serat Industri Tepung Sagu Aren Sebagai Bahan Baku Pembuatan Kertas (Pulp) dengan Proses Delignifikasi. Jurnal Teknologi Technoscientia. 4(1): 28-36.

Sudarsono., Saiful Huda., Murni Yuniwati dan Purnawan. 2013. Pemanfaatan Limbah Serat Pati Aren Sebagai Material Komposit- Poliester. Laporan Penelitian Hibah Bersaing. Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta. Yogyakarta.

Surest, A. H dan Dodi Satriawan. 2010. Pembuatan Pulp Dari Batang Rosella Dengan Proses Soda (Konsentrasi NaOH, Temperatur Pemasakan dan Lama Pemasakan). Jurnal Teknik Kimia. Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya. 17(3)

Zeinaly, F., Mehran Karimi., Jalal Shakhes and Hosein Mohammadi. 2016. Improving The Bleaching Process of Hardwood Chemi-Mechanical Pulp. Cellulose Chemistry And Technology. 50 (2), 285-292.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Karesi, M. J., & M Fuadi, A. (2020). Pembuatan Kertas dari Limbah Padat Produksi Tepung Aren Dengan Proses Soda. Prosiding University Research Colloquium, 159–164. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/912