Kajian Tekno-Ekonomis Pabrik Tahu di Kabupaten Sragen Jawa Tengah

Authors

  • Mufidah Nashiroh Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rois Fatoni Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Tahu; Tungku; Steam Boiler; Tekno-Ekonomis

Abstract

Tahu menjadi sumber asupan protein yang berasal dari kedelai. Proses yang digunakan dalam pembuatan tahu menggunakan teknologi sederhana. Besarnya tingkat konsumsi tahu dan harganya yang relatif terjangkau menjadikan tahu sebagai komoditas pokok pangan yang mempengaruhi perekonomian Indonesia. Tungku merupakan alat penting yang digunakan dalam pemasakan bubur kedelai pada proses pembuatan tahu. Kinerja tungku yang maksimal dimulai dari awal api menyala hingga api mati. Namun, bahan bakar yang digunakan dalam pemanasan tungku tidak efisien dikarenakan terdapat panas yang terbuang sia-sia. Selain itu, munculnya asap yang dihasilkan dari proses pembakaran juga mempengaruhi rasa pada tahu. Alternatif pemasakan bubur kedelai adalah dengan menginjeksikan steam langsung ke bubur kedelai yang ada dalam tungku dengan menggunakan alat yang dinamakan boiler. Hal ini lebih menguntungkan bagi pengusaha pabrik tahu, karena penggunaan metode yang lebih modern dan pemasakan bubur tahu dengan waktu yang lebih singkat. Penelitian ini bertujuan untuk memberi informasi mengenai kinerja metode pemasakan dan membandingkan efisisensi energi antara tungku dengan steam boiler.

References

Fatoni, R., Septiani, T., Mikasasari, R.P. 2016. Kajian Tekno-Ekonomis Pabik Tahu. The 3rd University Research Coloquium. 3 (2) : 22-28.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Pedoman Gizi Seimbang Permenkes RI. Pedoman Gizi Seimbang Permenkes RI. 1(2). 1-96.

Rahmawati, F., 2013. Teknologi Proses Pengolahan Tahu dan Pemanfaatan Limbahnya., pp.1-12.

Sudarman, Suwahyono, S. 2015. Penerapan Ketel Uap pada Industri Pengolahan Tahu untuk Meningkatkan Efisiensi dan Kualitas Produk (13) : 71-78.

Sunitra, E. 2013. Eksperimental Pembuatan Tungku Bahan Bakar Sekam Gabah untuk Mendapatkan Temperature Aliran Udara Pengeringan Gerabah yang Optimal. 3(2) : 13-21

Surindra, M.D. 2014. Pembuatan Boiler Berbahan Bakar Serbuk Batu Bara Menggunakan Proses Pembakaran Cyclo. Prosiing SNATIF 1 : 1-66.

Winarti, W.S. dan Prayudi, T. 2016. Perhitungan Efisiensi Boiler Pada Industri-Industri Tepung Terigu. Jurnal Teknologi Lingkungan. 58-65.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Nashiroh, M., & Fatoni, R. (2020). Kajian Tekno-Ekonomis Pabrik Tahu di Kabupaten Sragen Jawa Tengah. Prosiding University Research Colloquium, 91–94. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/903