Pemberdayaan Siswa Melalui Pengenalan Perkembangan Teknologi Penginderaan Jauh di Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Vidya Nahdhiyatul Fikriyah Program Studi Geografi, Fakultas Geografi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Pengabdian; Geografi; Siswa; Penginderaan jauh; Revolusi industri 4.0

Abstract

Di era revolusi industri 4.0 ini, ilmu Geografi juga turut mengalami perkembangan baik dalam aspek area pemanfaatan serta teknik pengambilan data. Di sisi lain, Geografi merupakan mata pelajaran di SMA yang juga masuk mata pelajaran pilihan di ujian nasional. Dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa tentang ilmu Geografi (penginderaan jauh), dan aplikasinya di era revolusi industri 4.0, maka kegiatan pengabdian ini dilaksanakan. Pengabdian yang dilakukan bertajuk “Pelatihan Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Bidang Keilmuan Geografi di Era Revolusi Industri 4.0” (Pengenalan Geografi, Penginderaan Jauh, dan Aplikasinya). Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, tidak hanya dapat memberikan manfaat untuk siswa, namun juga dapat membantu tugas guru dalam memberikan materi tentang Geografi, khususnya materi tentang penginderaan jauh dan perkembangan aplikasinya.

References

Bintarto. Pengantar Geografi Kota. Yogyakarta: UP Spring; 1977.

Sutanto. Penginderaan Jauh Jilid I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press; 1986.

Hartono. Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografi Serta Aplikasinya Di Bidang Pendidikan Dan Pembangunan. In: Seminar Nasional- PJ dan SIG. 2010. p. 12–8.

Simarmata N, Elyza F. Analisis Spektral Citra Spot 7 untuk Identifikasi Kawasan Mangrove di Pantai Timur Kabupaten Lampung. In: Seminar Nasional Geomatika 2018: Penggunaan dan Pengembangan Produk Informasi Geospasial Mendukung Daya Saing Nasional. 2018. p. 1213–8.

Hartono R, Nasikh N. Applying Remote Sensing Technology and Geographic Information System in Batu, East Java. Indones J Geogr. 2017;49(2):118.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Fikriyah, V. N. (2020). Pemberdayaan Siswa Melalui Pengenalan Perkembangan Teknologi Penginderaan Jauh di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding University Research Colloquium, 27–30. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/890