Aplication of Deep Breathing Techniques to Reduce Dismenhorrhea Pain of Young Girls

Authors

  • Lutfia Uli Na'mah Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Dwi Haryanti Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Umi Laelatul Qomar Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Heni Widiastuti Universitas Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Nyeri dismenore, teknik nafas dalam

Abstract

Latar Belakang: Dismenore yang dikeluhkan pada remaja putri (10 – 13 tahun) saat menstruasi memiliki frekuensi yang cukup tinggi. Pengobatan untuk mengurangi dismenore dapat melalui medis dengan obat/ farmakologis maupun non farmakologis. Teknik nafas dalam merupakan terapi non farmakologis berupa relaksasi untuk mengurangi nyeri. Tujuan: Mengetahui penerapan teknik nafas dalam untuk menurunkan nyeri dismenorea remaja putri (10 – 13 tahun) dan mengetahui skala nyeri sebelum dan sesudah dilakukan teknik nafas dalam. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Responden berjumlah 5 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret hingga Mei 2018. Hasil: Setelah dilakukan teknik nafas dalam terjadi penurunan nyeri yang semua partisipan mengalami nyeri sedang. Kemudian secara bertahap menurun ke skala tanpa rasa sakit dalam dua hari, namun peserta pertama masih memiliki skala nyeri ringan. Kesimpulan: Teknik nafas dalam dapat mengurangi nyeri dismenore pada remaja putri usia 10 – 13 tahun.

References

[1] DEPKES RI, “Angka Kejadian Dismenore,” Nutrition collage, 2010.
[2] Calis (2011), “Dysmenorrhea,” Retrieved 17 Februari, 2018.
[3] Statistik, B. P., Obstetric and Gynecology, 2010.
[4] BKKBN, “Tanya Jawab Kesehatan Reproduksi Remaja,” Jakarta, Yayasan Mitra Inti, 2014.
[5] Hermawan, “Dismenore (Nyeri saat haid).” Yogyakarta, Penerbit Andi, 2012.
[7] Azizah, N., “Aplikasi Relaksasi Nafas Dalam Sebagai Upaya Penurunan Skala Nyeri Menstruasi (Dismenorhea) Pada siswi Mts Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus,” Fakultas Kesehatan, 5(1), 2013.
[8] Ernawati, “Terapi Relaksasi Dapat Menurunkan Nyeri Dismenore Pada Remaja,” Yogyakarta, Bina Pustaka, 2010.
[9] Trullyen, V. L. “Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Intesitas Nyeri pada Pasien Post Operasi Sectio Ceasaria” . http://kim.ung.ac.id/index.php/KIMFIKK/article/view/2835. 2013.

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Na’mah, L. U., Haryanti, D., Qomar, U. L., & Widiastuti, H. (2021). Aplication of Deep Breathing Techniques to Reduce Dismenhorrhea Pain of Young Girls. Prosiding University Research Colloquium, 1064–1070. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1670