Ice Massage And Slow Stroke Back Massage Treatment To Reduce Backpain In 3rd Trimester Pregnancy

Authors

  • Retno Tristanti Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Eti Sulastri Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Juni Sofiana Universitas Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Ice Massage, Slow Stroke Back Massage, nyeri punggung, ibu hamil

Abstract

Latar belakang:Ibu hamil pada trimester ketiga sering merasakan sakit punggung. Hal ini bisa menjadi faktor yang menyebabkan ketidaknyamanan pada trimester ketiga. Sakit punggung adalah nyeri yang terjadi di pinggang. Nyeri punggung akan meningkat seiring dengan usia kehamilan, karena nyeri ini terjadi akibat adanya perubahan pusat gravitasi dan perubahan postur tubuh. Salah satu upaya non farmakologi untuk mengurangi nyeri punggung adalah dengan ice massage and slow stroke back massage. Tujuan :Untuk mengetahui efektifitas Ice Massage dan Slow Stroke Back Massage untuk mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil trimester III. Metode: Merupakan jenis penelitian studi kasus (case study). Data diperoleh dari observasi dan studi kepustakaan. Partisipannya adalah 3 orang ibu hamil yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen yang digunakan adalah lembar persetujuan responden, lembar SOP, lembar observasi VDS. Hasil:.Setelah dilakukan penerapan Ice Massage dan Slow Stroke Back Massage selama empat minggu, terjadi penurunan nyeri punggung pada ibu hamil trimester III. Kesimpulan : Penerapan Ice Massage dan Slow Stroke Back Massage efektif untuk mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil trimester III.

References

[1] Yuspina, A., Mulyani, N., &Silalahi, U. A. “PengaruhKompres Air Hangat Dan Air DinginTerhadap Nyeri TulangBelakang Ibu Hamil Trimester III”, JurnalKesehatan Bidkesmas Respati, 2 (9), 18–27, 2018.
[2] Hayati, K., & Devi, T. “EfektivitasTerapi Ice Massage Dan Back Massage”, Jurnal Keperawatan dan Fisioterapi (JKF), 2(2), 2020.
[3] Kartikasari, R. I., & Nuryanti, A. “Pengaruh Endorphin Massage Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Punggung IbuHamil” , Prosiding Seminar Nasional - Universitas Muhammadiyah Semarang, 1, 297–304. 2016.
[4] Anggraini, L., &Sulastri, E. “Penerapan Kompres Hangat Dan Pijat Punggung (Massage) UntukMengurangi Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil Trimester III” , Jurnal Kesehatan, 3–34. 2018.
[5] Purnamasari, K. D. “Nyeri Punggung Bawah Pada IbuHamil Trimester II dan III” ,Journal of Midwifery and Public Health, 1(1), 2020.
[7] Rahmawati, lisa dan M. prihatinningsih. “ Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Perubahan Psikologis Kehamilan” , JurnalIlmiahKebidanan, 8 N0 1(February), 1–9, 2018.
[8] Sarim, B. Y., &Suryono, B, “Manajemen Nyeri Kronis pada Kehamilan”, Jurnal Anestesi Obstetri Indonesia, 2(1), 48–62, 2019.

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Tristanti, R., Sulastri, E., & Sofiana, J. (2021). Ice Massage And Slow Stroke Back Massage Treatment To Reduce Backpain In 3rd Trimester Pregnancy. Prosiding University Research Colloquium, 833–839. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1648