Factors Of High Blood Pressure On Hypertension Patients Who Participated In Chronic Disease Management Program

Authors

  • Rida Wijayanti Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Podo Yuwono Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Fajar Agung Nugroho Universitas Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Jenis Kelamin, IMT, Tekanan Darah

Abstract

Kemajuan teknologi di negara-negara berkembang mengakibatkan tumbuhnya prevalensi penyakit tidak menular (PTM) salah satunya adalah penyakit hipertensi. Jenis kelamin menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tekanan darah, selain itu hipertensi dapat juga disebabkan karena faktor berat badan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan paling kuat antara faktor yang berhubungan dengan tekanan pada Penderita Hipertensi di Puskesmas Sempor II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional, dengan menggunakan studi potong lintang (cross sectional). Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengambilan data penelitian pada bulan April-Mei 2021 menggunakan lembar kuesioner dilakukan di Puskesmas Sempor II Kebumen dengan populasi 60 responden dan melibatkan seluruh responden anggota prolanis. Sebagian besar responden yang aktif pada kegiatan prolanis berjumlah 36 responden (72%) berjenis kelamin wanita. Indekes massa tubuh (IMT) dengan frekuensi tertinggi berjumlah 24 responden (48%) termasuk normal. Sebagian besar responden termasuk klasifikasi hipertensi yaitu 31 responden (62%). Proporsi tekanan darah kategori hipertensi lebih banyak pada wanita dan proporsi tekanan darah kategori hipertensi lebih banyak pada responden dengan IMT gemuk dengan p=0,000<0,01 artinya ada hubungan signifikan antara Jenis Kelamin, IMT dengan tekanan darah pada anggota prolanis. Hasil analisis multivariat menggunakna analisis regresi logistik biner diketahui bahwa IMT miliki hubungan paling kuat dengan tekanan darah anggota prolanis di Puskesmas Sempor II. Faktor jenis kelamin dan IMT memiliki hubungan dengan tekanan darah pada Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Sempor II. IMT memiliki hubungan paling dominan dengan tekanan darah. Untuk peneliti selanjutnya hendaknya meneliti faktor lain yang dapat mempengaruhi kejadian hipertensi yaitu usia, jenis kelamin, alkohol, konsumsi makan asin, makanam berlemak, DM, stress, dan penyalah gunaan zat.

References

[1] Atikah, N. A., Ta’adi, T. A., & Aryani Widayati, A. W. (2019). HUBUNGAN
INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DENGAN STATUS PERIODONTAL PADA PEMUDA-PEMUDI DUKUH PENEGAR KEBUMEN (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).
[2] Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. (2019). Profil Kesehatan Provinsi
Jateng Tahun 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, 3511351(24), 273–275. https://dinkesjatengprov.go.id/v2018/storage/2020/09/Profil-Jateng-tahun-2019.pdf diakses pada tanggal 26 Januari 2021
[3] Kusumawaty, J., Hidayat, N., & Ginanjar, E. (2016). Hubungan Jenis Kelamin
dengan Intensitas Hipertensi pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Lakbok Kabupaten Ciamis. Jurnal Mutiara Medika, 16(2), 46–51
[4] Novitaningtyas, T. (2014). Hubungan karakteristik (umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan) dan aktivitas fisik dengan tekanan darah pada lansia di kelurahan makamhaji kecamatan kartasura kabupaten sukoharjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
[5] Nurrahmani, U., & Kurniadi, H. (2014). Stop! gejala penyakit jantung koroner, kolesterol tinggi, diabetes melitus, hipertensi. Yogyakarta: Istana Media.
[6] Nurrahmani, Ulfah. 2012. Stop Hipertensi. Yogyakarta : Familia [7] Pakarti, D. C. (2017). HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA DEWASA AWAL DI DUSUN BENDO WILAYAH KERJA PUSKESMAS SRANDAKAN BANTUL YOGYAKARTA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ALMA ATA).
[8] Sherly, R., Studi, P., Keperawatan, I., Kedokteran, F., & Hasanuddin, U. (2015). Faktor-
Faktor Yang Berhubungan Dengan Hipertensi. 8(1), 13–14.
[9] Saputra, M. A. (2014). Studi Komparasi Kualitas Tidur Anak Obesitas dan Tidak Obesitas Pada Anak di SD Negeri Serang Sendangsari Pengasih Kulon Progo. Yogyakarta: Stikes 'Aisyiyah Yogyakarta [10] Suprayitno, E., Damayanti, C. N., & Hannan, M. (2019). Gambaran Status Penderita Hipertensi di Desa Karanganyar Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep. Journal Of Health Science (Jurnal Ilmu Kesehatan), 4(2), 20-24
[11] Trisnawan, Adi. (2019). Mengenal Hipertensi. Jakarta : Mutiara Aksara
[12] Yonata, A., & Pratama, A. S. P. (2016). Hipertensi sebagai Faktor Pencetus Terjadinya Stroke. Jurnal Majority, 5(3), 17–21.
http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/1030

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Wijayanti, R., Yuwono, P., & Nugroho, F. A. (2021). Factors Of High Blood Pressure On Hypertension Patients Who Participated In Chronic Disease Management Program. Prosiding University Research Colloquium, 539–548. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1623