Spiritual Intelligence In Adolescents At Smp It Assa'idiyyah Mejobo Kudus In 2021

Authors

  • Arnetta Mayasavira Putri Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Yanuar Rizqi Azzakiy Universitas Muhammadiyah Kudus
  • I Indanah Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Umi Faridah Universitas Muhammadiyah Kudus

Keywords:

Kecerdasan Spiritual

Abstract

Latar belakang : Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan untuk memecahkan persoalan makna dan nilai, yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan seseorang lebih bermakna dibanding yang lain. Seseorang yang memiliki kecerdasan spiritual yang baik dalam memcahkan persoalannya ia tidak hanya dipecahkan secara rasional dan emosionalnya saja tetapi menghubungkannya dengan kehidupan spiritual, dengan demikian langkah-langkahnya lebih bermakna dalam kehidupan. Tujuan : Untuk mengetahui kecerdasan spiritual pada remaja di SMP IT assa’idiyyah Mejobo Kudus. Metode : Metode penelitian Kuantitatif Jenis penelitian Analisis korelasi dengan pendekatan cross sectional. Peneliti menggunakan stratified sampling dengan mengambil jumlah populasi di seluruh kelas VII di SMP sebanyak 104 responden. Analisa Bivariat menggunakan uji chi square dan instrument yang digunakan adalah lembar kuesioner. Hasil : Kecerdasan spiritual pada remaja di SMP IT Assa’idiyyah Mejobo Kudus Tahun 2021, dari 104 responden sebagian responden memiliki kecerdasan spiritual baik sebanyak 87 responden (83.7%) dan responden yang memiliki kecerdasan spiritual kurang sebanyak 17 responden (16.3%). Kesimpulan : Kecerdasan spiritual pada remaja di SMP IT Assa’idiyyah Mejobo Kudus Tahun 2021 dari 104 responden didapatkan kecerdasan spiritual baik sebanyak 87 responden (83.7%).

References

[1] Alwisol, “Psikologi Kepribadian. Malang.” Universitas Muhammadiyah Malang, 2017.
[2] Aridhona, J, “Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual dan Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri pada Remaja”. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 2. 2017.
[3] Batubara, J.R. “Adolescent Development (Perkembangan Remaja)”. Sari Pediatri.2018.
[4] Hutaarmandau, K. A. “Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Piskologi”. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.skripsi fakultas psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. 2018.
[5] Ibrahim, M. Y. "Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) : Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak". Jakarta: Kencana.2013.
[6] Karo, M. B. "Hubungan Kecerdasan Spiritual (SQ) Dengan Tipe Kepribadian Ekstrovert Pada Remaja siswa kelas X dan XI Di SMAN 1 Tambun Utara." Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Medistra Indonesia.2013.
[7] Notoatmodjo. "Promosi Kesehatan Ilmu Perilaku. Jakarta". Rineka Cipta.2010.
[8] Putro, K. Z."Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja." Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 25-32.2017.
[9] Sarwono, S. W. "Psikologi Remaja." Jakarta. Raja Gravido persada.2012
[10] Sejati, S." Perkembangan Spiritual Remaja dalam Perspektif Ahli." Jurnal Hawa. 2019.
[11] Sodik, S. S. "Dasar Metodologi Penelitian." Yogyakarta: Literasi Media Publishing.2015.
[12] Sugiyono." Metodologi Penelitian Kombinasi (Mixed Methods)." Bandung: Alfabeta.2018.
[13] Swarjana, I. K."Metodologi Penelitian Kesehatan." Yogyakarta: CV Andi Offset.2015.
[14] Utami, L. K. "Hubungan Antara Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Soiritual Anak Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Mengwi." Jurnal Penellitian Agama Hindu.2017.
[15] World Health Organization (WHO). "Adolescent Death: global estimates. In: Organization WH, editor." Geneva: World Health Organization.2017
[16] Zulkifli, M. "Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Aqidk Akhlak Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Kecamatan Suragala Kabupaten Lombok Timur." Tesis.2015.

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Putri, A. M., Azzakiy, Y. R., Indanah, I., & Faridah, U. (2021). Spiritual Intelligence In Adolescents At Smp It Assa’idiyyah Mejobo Kudus In 2021. Prosiding University Research Colloquium, 106–114. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1566