Implementasi Teknik Web Scraping pada Jurnal SINTA Untuk Analisis Topik Penelitian Kesehatan Indonesia

Authors

  • Yoga Sahria Magister Teknik Informatika/Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

Keywords:

Web Scraping; SINTA; Topik.

Abstract

Semakin berkembang pesat teknologi, menyebabkan penelitian kesehatan indonesia semakin maju. Perkembangan teknologi ini mendorong manusia untuk meneliti kususnya di bidang kesehatan di Indonesia. Dengan banyaknya Penelitian kesehatan indonesia diperlukan analisis informasi yang digunakan untuk memetakan penelitian indonesia yang lebih cepat dan efisien untuk mendapatkan topik penelitian kesehatan. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui topik penelitian kesehatan di Indonesia yang terdapat pada Jurnal SINTA. Metode yang digunakan yaitu dengan mengimplementasikan web scraping pada Jurnal SINTA. Teknik scraping mengambil judul jurnal kesehatan, judul penelitian, author, afiliasi dan kemudian dianalisis hasil pengumpulan data tersebut. Pada proses scraping dilakukan dengan identifikasi kelas tag HTML.Tag HTML yang digunakan yaitu tag yang mengapit judul jurnal kesehatan, judul penelitian, author dan afiliasi untuk kemudian dibuatkan tamplate scraping. Data yang diperoleh kemudian dianalisis sehingga dapat diketahui tren topik penelitian kesehatan di Indonesia di Jurnal SINTA. Penelitian ini dibuat menggunakan bahasa Python dengan modul–modul yang mendukung untuk diterapkan. Penelitian ini dapat memproses web scraping dari Jurnal SINTA dan kemudian data disimpan ke dalam bentuk format CSV. Dokumen format CSV yang diperoleh kemudian diolah menggunakan python untuk diperoleh suatu model. Hasil keluaran berupa tren topik penelitian kesehatan di Indonesia, banyaknya penelitian kesehatan, afiliasi penelitian kesehatan di Indonesia

References

R. Roberts, N. Callow, L. Hardy, D. Markland, and J. Bringer, “Http://Sinta1.Ristekdikti.Go.Id ©2017,” pp. 200–221, 2017.

L. Wall et al., “About the Tutorial Copyright & Disclaimer,” p. 2, 2015.

A. Josi, L. A. Abdillah, and Suryayusra, “Penerapan teknik web scraping pada mesin pencari artikel ilmiah,” 2014.

K. Jarmul and R. Lawson, Python Web Scrapping: Fetching Data From the Web. 2017.

A. Priyanto and M. R. Ma’arif, “Implementasi Web Scrapping dan Text Mining untuk Akuisisi dan Kategorisasi Informasi dari Internet (Studi Kasus: Tutorial Hidroponik),” Indones. J. Inf. Syst., vol. 1, no. 1, pp. 25–33, 2018.

M. S. Utomo, “Web Scraping pada Situs Wikipedia menggunakan Metode Ekspresi Regular,” J. Teknol. Inf. Din., vol. 18, no. 2, pp. 153–160, 2013.

M. R. Ma’arif, “Integrasi Laman Web Tentang Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Memanfaatkan Teknologi Web Scraping Dan Text Mining,” Teknomatika, vol. 9, no. 1, pp. 71–80, 2016.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Sahria, Y. (2020). Implementasi Teknik Web Scraping pada Jurnal SINTA Untuk Analisis Topik Penelitian Kesehatan Indonesia. Prosiding University Research Colloquium, 297–306. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1079