Uji Validitas dan Reliabilitas University Stress Scale

Authors

  • Fajar Sodiq Fakultas Psikologi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Widya Maharani Fakultas Psikologi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Intan Munnazahatun Nisa Fakultas Psikologi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Egi Restu Putra Binar Satria Fakultas Psikologi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Rayinda Faizah Fakultas Psikologi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Magelang

Keywords:

Stress;Stres Akademik;Validitas;Reliabilitas;Mahasiswa

Abstract

Stres merupakan bagian dari psikologis yang dapat dialami setiap individu. Stres yang dialami oleh siswa terhadap aktivitas atau situasi di sekolah dapat disebut sebagai stres akademik. University stress scale adalah instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat stress akademik pada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk adaptasiUniversity Stress Scale. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif . Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 93 mahasiswa di Magelang dengan rentang usia 17-22 tahun. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis menunjukkan 21 item dinyatakan valid dengan korelasi antar item > 0.25 dan reliabilitas alpha sebesar 0.844.

References

Anggraini DV. Faktor penyebab stres akademik pada siswa. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta; 2018.

Mulya H, Indrawati E. Hubungan antara motivasi berprestasi dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. J Empati. 2016;5(2):296–302.

Dita DH. Hubungan persepsi tentang kesesuaian harapan orang tua dengan diri dalam pilihan studi lanjut dengan tingkat strs pada siswa kelas XII di Kabupaten Jember. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas jember; 2013.

Wicaksana BY. Hubungan antara stres akademik dengan kecenderungan impulsive buying pada mahasiswa. Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta; 2017.

Sun J, Dunne MP, Hou X yu, Xu A qiang. Educational stress scale for adolescents: Development, validity, and reliability with Chinese students. J Psychoeduc Assess. 2011;29(6):534–46.

Wulandari S, Rachmawati MA. Efikasi diri dan stres akademik pada siswa Sekolah Menengah Atas program akselerasi. Psikologika. 2014;19(2):146–55.

Stallman HM, Hurst CP. The University Stress Scale: Measuring Domains and Extent of Stress in University Students. Aust Psychol. 2016;51(2):128–34.

Arikunto S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta; 2010.

Azwar S. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2008.

Fauziah HH. Fakor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic J Ilm Psikol. 2016;2(2):123–32.

Legiran A, Zalili M, Bellinawati N. Faktor Resiko Stres dan Perbedaannya pada Mahasiswa Berbagai Angkatan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. J Kedokt dan Kesehat. 2015;2(2):197–202.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Sodiq, F., Maharani, W., Nisa, I. M., Putra Binar Satria, E. R., & Faizah, R. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas University Stress Scale. Prosiding University Research Colloquium, 136–140. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/975