Pembuatan Sistem Manifestasi Data Jamaah Umroh Pada Biro Umroh dan Haji Khusus Al Hijrah Tour Travel

Authors

  • Dewita Puspawati Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Novel Idris Abas Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Suraka
  • Muhammad Wahyuddin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Suraka

Keywords:

sistem manifestasi data; jamaah; biro umroh; haji khusus; travel

Abstract

Melakukan disiplin administrasi bukan sesuatu yang mudah untuk diterapkan. Permasalahan yang sering muncul adalah banyak perusahaan yang berusaha untuk melakukan disiplin administrasi, namun tidak didukung dengan ketersediaan teknologi yang memudahkan SDM dalam melakukan disiplin administrasi, serta mengurangi adanya human error. Salah satu perusahaan yang dituntut untuk mengaplikasikan disiplin administrasi adalah perusahaan di bidang perjalanan ibadah umroh, atau yang biasa disebut biro umroh. Biro umroh adalah jenis bisnis perjalanan di bidang ibadah umroh. Kepengurusan perjalanan Ibadah umroh berbeda dengan kepengurusan ibadah haji. Kepengurusan perjalanan ibadah haji sudah tersistem dengan baik oleh pemerintah, sedangkan kepengurusan perjalanan ibadah umroh langsung dilakukan oleh setiap biro Umroh. Kegiatan pendampingan kepada biro umroh ini mempunyai tujuan sebagai membantu dalam membuat sistem pendataan pelanggan dan bukti pembayaran perjalanan ibadah umroh, melakukan sosialisasi bagaimana membuat dan menggunakan sistem pendataan pelanggan dan bukti pembayaran perjalanan ibadah umroh serta melakukan pembinaan dan pendampingan dalam menggunakan sistem pendataan pelanggan dan bukti pembayaran perjalanan ibadah umroh.

References

Afidah, Vivi Nurul dan Syahril Romli. 2019. Strategi Pemasaran Paket Ibadah Haji dan Umroh dalam Merekrut Jamaah Di Pt. Sela Express Tour Kota Pekanbaru. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, Vol. 1, No. 3, Hal. 183-200.

Dani, Akhmad Anwar. 2018. Problematika Pengelolaan Penyelenggaraan Umrah di Kota Surakarta. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, Vol. 12, No. 1, Hal. 23-45.

Fadilah, Lia. 2019. Strategi dan Manajemen Travel Haji Umroh. Al Muamalat Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah, Vol. IV, No. 1, Hal. 1-25.

https://muslim.or.id/30818-bimbingan-praktis-umrah-1.html

LD., Kamilina Rhodiyah dan F.F Hasib. 2016. Penerapan Promotional Mix pada Biro Perjalanan Umroh/ Haji Shafira Tour and Travel Surabaya Menurut Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, Vol 3, No. 1, Hal. 1-15.

Novirizdya, Shella, Suradi, dan R. Suharto. 2016. Perlindungan Hukum Calon Jamaah Haji Terkait Santunan dan Manfaat PT Tisaga Multazam Utama dalam Pelaksanaan Haji di Arafah dan Mina. Diponogoro Law Journal, Vol. 5, No. 3, Hal. 1-10.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Puspawati, D., Abas, N. I., & Wahyuddin, M. (2020). Pembuatan Sistem Manifestasi Data Jamaah Umroh Pada Biro Umroh dan Haji Khusus Al Hijrah Tour Travel. Prosiding University Research Colloquium, 150–154. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/978