Kreativitas pada Wirausahawan: Studi Literatur

Authors

  • Shanti Putri Paramithasari Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi Dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Dwi Yuliani Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi Dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Chainisa Ayu Seprina Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi Dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Jatu Almamada Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi Dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Aftina Nurul Husna Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi Dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Magelang

Keywords:

Kreativitas; aspek kreativitas; dan faktor kreativitas

Abstract

Kreativitas pada wirausahawan merupakan suatu kemampuan yang sangat diperlukan dalam suatu wirausaha. Di dalam kreativitas menghasilkan suatu tindakan, gagasan, atau produk apapun yang mengubah domain yang ada atau yang mengubah domain dari ada menjadi sesuatu yang baru. Pada sudi literatur ini, ditemukan bahwa kreativitas memiliki 4 aspek dasar yaitu person, process, place, dan product. Dalam faktor kreativitas terdapat faktor psikologi, faktor lingkungan, dan faktor demografis. Adapun konsekuensi kreativitas pada wirausahawan sangat berdampak pada sosial, bisnis, dan lingkungannya. Pada artikel ini, penulis telah menggali beberapa faktor yang berkenaan dengan kreativitas seseorang dalam mengembangkan serta mempertahankan usaha nya. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, penulis mengharapkan artikel ini dapat menjawab pertanyaan mengenai dampak yang akan ditimbulkan dan bisa menjadi referensi untuk wirausahawan agar dapat mempertahankan usahanya dengan memperhatikan pada peran kreativitas.

References

Baldacchino L. Entrepreneurial creativity and innovation. InFirst International Conference on Strategic Innovation and Future Creation held at Grand Hotel, Excelsior, Floriana 2009 Mar.

Cahayani A. Analysis of Managing Creativity for Entrepreneurs. Chinese Business Review. 2013 Jan 1;12(1).

Habsy BA. Seni Memahami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling: Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa. 2017 Sep 16;1(2):90-100.

Herlambang Y. Peran Kreativitas Generasi Muda Dalam Industri Kreatif Terhadap Kemajuan Bangsa. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tematik). 2015;2(1):61-71.

Lestari F. Pengaruh jiwa kewirausahaan dan kreativitas terhadap keberhasilan usaha pada sentra industri rajutan Binong Jati Bandung. Available at elib. unikom. ac. id. 2013 May 15;8:14-27.

Mcmullan RW, Kenworthy TP. Creativity and entrepreneurial performance. Springer International Pu; 2016.

Puhakka V. Developing a creative-cognitive model of entrepreneurial alertness to business opportunities. Journal of Management and Strategy. 2011 Dec 1;2(4):85.

Wahdah, KFF. Gambaran Kreativitas Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Sumatera Utara. Available at repository.usu.ac.id. 2010 Agust 27.

Yar Hamidi D, Wennberg K, Berglund H. Creativity in entrepreneurship education. Journal of small business and enterprise development. 2008 May 16;15(2):304-20.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Paramithasari, S. P., Yuliani, D., Seprina, C. A., Almamada, J., & Husna, A. N. (2020). Kreativitas pada Wirausahawan: Studi Literatur. Prosiding University Research Colloquium, 90–93. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/952