Pelatihan Pengelolaan Keuangan Kelompok Masyarakat (POKMAS) di Kelurahan Lipu Kota Baubau Sulawesi Tenggara

Authors

  • Rudi Abdullah Department Of Management, Faculty of Economic, Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Pelatihan, Manajemen Keuangan, Laporan Penghasilan dan Pengeluaran, dan Rencana dan Realisasi

Abstract

Pentingnya perencanaan keuangan dan keterampilan mengenai pengelolaan keuangan bagi para anggota POKMAS sangat diperlukan karena kondisi masih banyaknya anggota POKMAS yang belum sepenuhnya memahami terkait kebijakan dan alur pengelolaan keuangan POKMAS dan Kinerja keuangan sekretariat POKMAS masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk meningkatkan pemahaman tentang kebijakan manajemen keuangan dan alur pengelolaan keuangan, dan 2) Untuk meningkatkan kinerja keuangan Sekretariat POKMAS. Metode penelitian ini adalah: 1) Pelatihan Intensif, 2) Diskusi, dan 3) Pertanyaan dan Jawaban. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta POKMAS telah memahami tentang kebijakan, aliran, dan prosedur manajemen keuangan yang berdampak pada kinerja POKMAS. Sekretariat POKMAS dalam manajemen keuangan terdiri dari: Kebijakan Pembukaan Rekening Bank, Pengeluaran Pendanaan Kebijakan, Kas Kebijakan, Sistem Pembukuan Kebijakan, dan Pembuatan Kebijakan RAPB POKMAS. Selanjutnya, aliran Pembukuan POKMAS dimulai dari pencatatan transaksi pada masing-masing bukti berdasarkan jenis transaksi, kemudian bukti diposting pada setiap buku sesuai dengan jenis transaksi yang telah ditulis di bukti. Setelah aliran selesai dilaporkan Penghasilakan dan Pengeluaran, dan Rencana dan Pernyataan Realisasi. Sekretariat POKMAS memperoleh laporan keuangan bulanan, yang menjelaskan secara rinci perubahan keuangan dalam satu bulan periode dan laporan tahunan.

References

Yusuf, Y. 2009. Dinamika Kelompok, Kerangka Studi dalam Perspektif Psikologi Sosial. Bandung: Armico.

Robbins, S.P. 1996. Perilaku Organisasi. Jakarta: Prenhallindo. Edisi bahasa Indonesia. Jilid 1.

Johnson, D.W., Johnson, J.P. 1997. Joining Together, Group Theory and Group Skills. 5th Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Soekanto, S. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Cetakan ke-29. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Cragan, J.F., Wright, D.W. 1996. Theory and Research in Small Group Communication. 2nd Ed. MN: Burgess

Cartwright, D., Zander, A. 1968. Group Dynamic: Research and Theory. 3rd Ed. New York, Evanston and London: Harver and Row Publishers.

Aronson, A., Wilson, T. D., Akert, R. M. 2005. Social Psychology. 5th Edition. New York: Prentice-Hall, Inc.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 130 Tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahann dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Abdullah, R. (2020). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Kelompok Masyarakat (POKMAS) di Kelurahan Lipu Kota Baubau Sulawesi Tenggara. Prosiding University Research Colloquium, 31–39. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/942