Analisis Mitigasi Bencana Tanah Longsor Berbasis Kearifan Lokal di Purworejo

Authors

  • Agung Nusantoro Teknik Sipil/Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Keywords:

Tanah longsor, mitigasi bencana, kearifan lokal.

Abstract

Tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah atau material laporan bergerak ke bawah atau keluar lereng. Secara geolologis tanah longsor adalah suatu peristiwa geologi dimana terjadi pergerakan tanah seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Selain itu, aktifitas manusia juga dapat mengurangi risiko bencana tanah longsor, salah satunya adalah mitigasi bencana dalam menghadapi bencana tanah longsor.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji (1) tingkat kerawanan tanah longsor di Kabupaten Purworejo; 2) kearifan lokal masyarakat Purworejo yang tinggal dan berada di Kecamatan Kemiri, Purworejo, Jawa Tengah, dan (2) kearifan lokal yang berkaitan dengan mitigasi bencana tanah longsor.

Penelitian di lakukan di Kecamatan Kemiri, Purworejo. Penelitian menggunakan penggabungan 2 metode (mix methods). Untuk menganalisis tingkat kerawanan tanah longsor akan menggunakan metode pengharkatan atau skoring berdasarkan faktor penyebab tanah longsor dan metode deskriptif. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Purworejo dengan obyek penelitian fenomena alam atau kondisi fisik dan masyarakat. Sedangkan untuk menganalisis kearifan lokal digunakan dengan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Kearifan lokal dikaji sebagai basis dalam penelitian ini, khususnya yang berkaitan dengan mitigasi terhadap bencana yang berpotensi terjadi di lingkungan masyarakat Purworejo. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan beberapa narasumber. Analisis data secara kualitatif melalui, reduksi data, penyajian data, hingga pengambilan kesimpulan. Dari hasil kerawanan di kecamatan Kemiri adalah (1) Kerawanan tinggi =2858,94 Ha, (2) kerawanan sedang = 1785,48 Ha dan kerawanan rendah = 5670,20 Ha. Hasil penelitian kearifan lokal di Purworejo (1) Rasa hormat yang mendorong keselarasan (harmoni) dalam hubungan manusia dengan alam sekitarnya. (2)  Rasa memiliki yang eksklusif bagi komunitas atas suatu kawasan atau jenis sumberdaya alam tertentu sebagai hak kepemilikan bersama  (3) Pembatasan penggunaan lahan (4) kemampuan  menyelesaikan masalahnya sendiri

References

Benson, C.and E.J. Clay. Probing the Economic and Financial Consequences of Natural Disasters: “Beyond the Damage “.Humanitarian Exchange. 2014. No. 27.

Schipper, L. and M. Pelling. ‘Disaster Risk, Climate Change and International Development: Scope for, and Challenges to, Integration’. Disasters , 2008; 30 (1): 19-38.

Tompkins, E. Adger, N. Brown, K. Institutional Networks for Inclusive Coastal Zone Management in Trinidad and Tobago, Environment and Planning A, 2012; 34, 1095-1111.

Cutter L. Susan, Barnesa Lindsey,Berrya, Melissa., Burtona, Christopher., Evansa, Elijah., Tatea, Eric., and Webba, Jennifer. A place-based model for understanding community resilience to natural disasters,Global Environmental Change. 2009.

Dilley .Natural Disaster Hotspots: A Global Risk Analysis.World Bank, Washington DC. 2005.

Nandi. Longsor. Jurusan Pendidikan Geografi. Bandung. FPIPS-UPI. 2007.

Sitanala, Arsyad. Konservasi Tanah dan Air. IPB. Bogor.. 1989.

Cook, R.U. dan Doornkamp, J.C. (Geomorphology in Enviromental Management – and New Introduction. Amsterdam: Elsevier. 1994.

Muh Aris Marfai . Pengantar Etika Lingkungan dan Kearifan Lokal. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 2012.

Sartini. Mutiara Kearifan Lokal Nusantara. Yogyakarta: Kepel. 2009.

Cecep Eka Permana. 2011. Kearifan Lokal Masyarakat Baduy dalam Mitigasi Bencana. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Jim Ife, Community Development, Creating Community Alternatif Vision: Analysis and Practice. Australia: Longmann. 2012.

Creswell, J., 2010. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches Second., California, USA: SAGE Publications.

Data dan Informasi Bencana Indonesia. (2017) http://dibi.bnpb.go.id/DesInventar/results.jsp

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Nusantoro, A. (2020). Analisis Mitigasi Bencana Tanah Longsor Berbasis Kearifan Lokal di Purworejo. Prosiding University Research Colloquium, 18–26. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/874