Gambaran Kemampuan Fungsional Low Back Pain Miogenik Buruh Tani Padi di Desa Tanjungkulon

Authors

  • Ibkari Zahra Kaefa Yasya Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • F Farochatun Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Sahat Pahala Simbolon Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

Low Back Pain (LBP) Miogenik, Kemampuan Fungsional, Oswestery Disability Index (ODI)

Abstract

Low Back Pain (LBP) miogenik adalah nyeri punggung bawah yang berhubungan dengan stress atau strain otot punggung, tendon dan ligament, biasanya dirasakan setelah melakukan aktivitas yang berlebihan seperti mengangkat beban berat dengan posisi yang salah, terlalu lama membungkuk, berdiri atau duduk yang terlalu lama dengan posisi yang salah. Gejala yang terjadi berupa ketidaknyamanan pada daerah punggung bagian bawah seperti rasa sakit dan gangguan pada sistem muskuloskeletal terkait. Penggunaan tulang belakang yang berlebih menyebabkan kemampuan fungsional penderitanya terganggu.Tujuan penelitian: Mengetahui gambaran kemampuan fungsional low back pain miogenik buruh tani padi di desa Tanjungkulon. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan data primer kuesioner Oswestery Disability Index (ODI)yang diisi oleh pasien. Subjek penelitian adalah buruh tani padi di Desa Tanjungkulon Kecamatan Kajenyang mengalami low back pain miogenik. Hasil Penelitian : Hasil uji deskriptif Oswestery Disability Index (ODI) didapatkan bahwa kemampuan fungsional memiliki nilai mean sebesar 31,30, nilai SD sebesar 3,799, nilai min sebesar 26 dan nilai maks sebesar 38. Kesimpulan : Rerata pasien LBP miogenik memiliki kemampuan fungsional yang buruk sehingga dapat mempengaruhi kualitas hidup penderitanya.

References

[1] Kaur, K. Prevalensi Keluhan Low Back Pain (LBP) Pada Petani di Wilayah kerja UPT KESMAS Payangan Gianjar. 2015;ISM , 49-59.
[2] Keawduangde. Prevalence of Low Back Pain And asssociatied FactorsAmong Farmers During The Rice Transplanting Process. Journal Phys therMasi M, Gobbato P. Measure of the volumetric efficiency and evaporator device performance for a liquefied petroleum gas spark ignition engine. Energy Conversion and Management.2015; Elsevier Ltd; 2012; 3(60):18–27.
[3] Malonda, C. Gambaran Posisi Kerja dan Keluhan Gangguan Musculosceletal pada Petani Padi di DFesa Kiawai 1 Barat Kecamatan Kawangkoan Utara. Jurnal Ilmiah Farmasi. 2016; 267-272.
[4] Nahdliyyah, A. I. Core Stability Exercise Lebih Baik Dibandingkan BackStrengthening Exercise Dalam Meningkatkan Aktivitas Fungsional Padapengrajin Batik Cap dengan Keluhan Low Back Pain di KabupatenPekalongan. Sport and Fitness Journal. 2015; 23-36.
[5] Tarwaka. Ergonomi Industri. Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja.Surakarta: Harapan Press.2015.
[6] Ningsih, F. Perbedaan Pengaruh latihan Pelvic Telting dan Ultrasound dengan William Flexercise dan Ultrasound untuk Meningkatkan Kemampuan Fungsional pada Low Back Pain.2016.
[7] Nuriyani, D. Pengaruh Pemberian Core Stability Exercise pada Low Back Pain Miogenic terhadap peningkatan Fungsional pada Petani Di sembuh Kisul Sidomulyo. Yogyakarta: Universitas Aisyiyah Yogyakarta.2017.
[8] Pombu, N. M. Penambahan Swiss Ball Pada Core Stability Exercise dan Core Stabilikty Exerrcise dapat Meningkatkan Aktivitas Fungsional Pada Petani Wanita Dengan Low Back Pain Non Spesifik di Kota Tomohon. Denpasar: Universitas Udayana.2018.
[9] Saputri, O. D. Pengaruh Core Stability Exercise dan MC Kanzie Exerciseterhadap peningkatan Aktivitas Fungsional pada Penjahit denganKeluhan Nyeri Punggung Bawah (NBP) Miogenik di Desa Tambong kabupaten Klaten.Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.2016.
[10] Wahyuddin. Adaptasi Lintas Budaya Modifikasai Kuesioner Disaisability Questionere/ODi) versi Indonesia bility Untuk Nyeri Punggung Bawah(Modified Oswestery Low Back Pain D.Jakarta: Universitas Esa Unggul.2016.

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Yasya, I. Z. K., Farochatun, F., & Simbolon, S. P. (2019). Gambaran Kemampuan Fungsional Low Back Pain Miogenik Buruh Tani Padi di Desa Tanjungkulon. Prosiding University Research Colloquium, 1026–1029. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/760