Hubungan Dukungan Keluarga terhadap Tingkat Nyeri Post Operasi Fraktur di RS PKU Muhammadiyah Gombong

Authors

  • Isma Yuniar STIKes Muhammadiyah Gombong
  • Ima Muhimatul Marlis STIKes Muhammadiyah Gombong
  • Barkah Waladani STIKes Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Dukungan keluarga, nyeri, post operasi, fraktur

Abstract

Latar belakang: Kejadian fratur karena kecelakaan lalu lintas di Indonesia cukup tinggi. Salah satu manifestasi klinik paling menonjol pada penderita fraktur adalah nyeri. Nyeri yang dirasakan pasca operasi disebabkan karena terjadinya manipulasi jaringan dan organ. Dukungan keluarga mampu memberikan kesejahteraan psikologis dan kemampuan penyesuaian diri melalui perasaan. Tujuan: penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga terhadap tingkat nyeri post operasi fraktur di RS PKU Muhammadiyah Gombong. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif analitik korelasional. Responden pada penelitian ini adalah pasien post operasi fraktur di RS PKU Muhammadiyah Gombong yang berusia 20-60 tahun, hari rawat kedua setelah operasi fraktur sebanyak 54 responden. Hasil: penelitian ini menunjukkan dukungan keluarga dengan kategori sedang (48,1%) dan tingkat nyeri pada pasien post operasi fraktur juga dalam kategori sedang (51,9%), sehingga didapatkan adanya hubungan dukungan keluarga dengan tingkat nyeri pada pasien post operasi fraktur di RS PKU Muhammadiyah Gombong dengan nilai p=0,000. Kesimpulan: dukungan keluarga mempunyai peran dalam mengurangi tingkat nyeri, sehingga perawat perlu bekerja sama dengan keluarga untuk meningkatkan dukungan keluarga bagi pasien post operasi fraktur.

References

[1] Black, J.M., & Hawks, J.H. (2014). Medical surgical nursing clinical management for positive outcomes. (7th ed). St. Louis, Missouri: Elsevier Saunders.
[2] Brunner & Suddarth, (2008). Keperawatan Medikal-Bedah Volume 1, EGC, Jakarta.
[3] Kozier.et al. (2010). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik. Jakarta. EGC
[4] Megawati. 2010. Gambaran FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Respon Nyeri Pada Pasien Post Laparatomi Di Ruang Rindu B2 RSUP H.Adam Malik Medan Tahun 2010. www.umnaw.co.id. Diperoleh pada tanggal 01 maret 2013.
[5] Melton., et al. (2008). Phantom limb pain and pain interference in adults with lower extremity amputation: The moderating effects of age. Maret 14, 2014 http://http://search.proquest.com/docview/614 493509/abstract
[6] Notoadmodjo, S (2012). Metodologi penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
[7] Pinandita. (2012). Pengaruh Teknik Relaksasi Genggam Jari Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Pasien Post Operasi Laparatomi. http://digilib.stikesmuhgombon g. ac.id. Diperoleh pada tanggal 01 maret 2013. [8] Potter & Perry. (2010). Fundamental of Nursing edisi 7. Jakarta: Salemba medika.
[9] Rendy, M. C., & Margareth. (2012). Asuhan Keperawatan Medikal Bedah dan Penyakit Dalam. Yogyakarta: Nuha Medika. (DEPKES RI, 2013).
[10] Riset Kesehatan Dasar. (2013). Angka Kejadian fraktur Menurut Riskesdas. Diakses dari http://www.riskesdas.litbang.depkes.go. id/ tanggal 6 Februari 2019.
[11] Ropyanto, B.C., (2011). “Analisis Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Fungsional Pasien Pasca Open Reduction Internal Fixation (Orif) Fraktur Ekstremitas Bawah di RS. Orthopedi Prof. Soeharso Surakarta”, Fakultas Keperawatan Program Magister. Depok.
[12] Saras Wati, A.T. (2015). Hubungan Pendampingan Suami Dengan Intensitas Nyeri Persalinan Kala I Di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Skipsi. Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta.
[13] Septiani, L. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nyeri Pada Klien Fraktur Di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Yogyakarta.
[14] Setiadi. (2008). Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta. Graha Ilmu (Rendy & Margareth, 2012).
[15] Wijaya, I. P. A, dkk. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Intensitas Nyeri Pasien Pasca Bedah Abdomen Dalam Kontek Asuhan Keperawatan di RSUD Badung Bali. Diperoleh pada tanggal 28 mei 2017. Dari http://www.triatmamaino.ac.id/ojsstikes/index.php/JDK 3/article/download/35/28.

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Yuniar, I., Marlis, I. M., & Waladani, B. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga terhadap Tingkat Nyeri Post Operasi Fraktur di RS PKU Muhammadiyah Gombong. Prosiding University Research Colloquium, 907–911. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/741