Skala Nyeri Disminore berbasis Indeks Masa Tubuh Level

Authors

  • I Islami Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Nor Asiyah Universitas Muhammadiyah Kudus

Keywords:

Indeks massa tubuh, Disminore, skala nyeri

Abstract

Kesehatan reproduksi merupakan aspek penting yang membutuhkan tanggungjawab bersama. Kesehatan reproduksi remaja khususnya perempuan perlu memperoleh perhatian khusus mengingat mereka adalah asset penerus generasi bangsa. Problematika yang dihadapi remaja prempuan antara lain adalah disminore, baik dari skala nyeri ringan maupun nyeri berat hingga tidak bisa beraktifitas sehingga mengakibatkan prestasi belajar menurun. Disminore dapat terjadi secara fisiologis maupun secara patologis. Disminore secara fisiologis dapat diminimalisir dengan berbagai cara yaitu farmakologis dan non farmakologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan skala nyeri disminore pada kelompok remaja dengan IMT rendah dan IMT normal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan crossectional. Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kudus, populasi adalah mahasiswa universitas , sample yang direkrut adalah 65 orang. Uji statistik yang digunakan adalah Mann-Whitney untuk mengetahui perbedaan dua kelompok tidak berpasangan. Hasil yang diperoleh adalah tidak terdapat perbedaan signifikan skala nyeri antara IMT rendah dan IMT normal. (P value > 0.05). Hasil ini berbeda dengan temuan penelitian yang dilakukan oleh Madhubala Chaucan yang meyebutkan bahwa terdapat perbedaan signifikan disminore antara remaja dengan IMT normal dan IMT rendah. Kesimpulan penelitian yang diperoleh adalah tidak terdapat perbedaan signifikan skala nyeri disminore pada kelompok remaja dengan IMT rendah dan IMT normal.

References

World Health Organization. Dismenorea. 2010. Diakses dari: URL: http : //www.who.Int / gho/mdg / poverty_hunger / dismenorea_text/en/ index. html.
Yanti. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi. Pustaka, Yogyakarta, 2011.
Anugroho D dan Wulandari A. Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid. ANDI, Yogyakarta, 2011.
Putri TIYL. Studi Komparasi Pemberian Terapi Kompres Hangat dan Senam Dismenore Terhadap Tingkat Disminore pada Remaja Di Wilayah Gamping Sleman Yogyakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan. STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. 2014.
Proverawati. Menarche Menstruasi Pertama Penuh Makna. Mutiara Medika, Yogyakarta, 2012.
Jones LD. Setiap Wanita. Delapratasa Publishing, Jakarta, 2009.
Maulana M. Seluk Beluk Reproduksi dan Kehamilan. Garailmu, Yogyakarta, 2009.
Werdiningsih R. Dismenorea. 2010. Diakses dari : URL: http://webcache. com.
Aryanie V. Pengaruh Terapi Yoga Terhadap Tingkat Dismenore Pada Mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2013. Skripsi Tidak Dipublikasikan. STIKES Aisyiyah Yogyakarta. 2014.
Maduabala Chauchan and Jyoti Kala. (2012). Relation between dysmenorrhea and body mass index in adolescent with Rural Versus Urban Variation. J obstet Gynaecol India. 2012 aug;62(4):442-445
Rika S.W, Witri O (2018). Hubungan Indeks massa tubuh dengan dismniore pada remaja puti di SMP Pekanbaru. Jurnal Endurance 2018. Okt; 3(3):618-623
Elia FM. Maria DOZ. Maria LPF (2019). The impact of dysmenorrhea on quality of life among Spanish female university students. Int J Environ Res Public Health 2019.Mar;16(5):713
Batool Khodakarmi. The severity of dysmenorrhea and its relationship with body mass index among female adolescents in Hamadan, Iran.
Dahlan MS. Statistik untuk kedokteran dan kesehatan : deskriptif, bivariat, dan multivariat dilengkapi aplikasi dengan menggunakan SPSS. 5th ed. Jakarta : Salemba Medika, 2013: hlmn 19.
Mariagiulia Bernardi. Et al. Dysmenorrhea and related disorders. (2017);PMC. 6:1645
Yanbo Zhu. Qi Wang, Guoming Pang. Lin lin et al.(2015). Association between body mass index and HRQL: The obesity paradox ini 21, 218 adults of the Chinese General Population. Plos one. DOI:10.1371/journal.pone.0130613. Juni.

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Islami, I., & Asiyah, N. (2019). Skala Nyeri Disminore berbasis Indeks Masa Tubuh Level. Prosiding University Research Colloquium, 892–896. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/738