Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium cepa faascalonicum, L) pada Berbagai Konsentrasi dan Waktu Pemberian Pupuk Organik Cair

Authors

  • Agus Suprapto Universitas Tidar
  • Adalia Natarina Wibowo Universitas Tidar

Keywords:

Bawang merah, Pupuk organik cair, Umbi

Abstract

Penelitian terhadap hasil tanaman bawang merah (Allium cepa fa ascalonicum, L.) pada berbagai konsentrasi dan waktu pemberian pupuk organik cair dilakukan pada bulan April sampai dengan bulan Juni 2019. Penelitian dilaksanakan di Desa Trasan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Ketinggian tempat penelitian 345 m diatas permukaan laut. Jenis tanah latosol dengan pH 6,3. Metode penelitian dengan menggunakan percobaan faktorial (3x3) yang disusun dalam rancangan acak kelompok lengkap dengan 3 blok. Faktor pertama konsentrasi pupuk organik cair, yaitu 2, 3 dan 4 ml/L. Faktor kedua waktu pemberian, yaitu 2, 3 dan 4 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi pupuk organik cair dan waktu pemberian pada tanaman bawang merah tidak mempengaruhi jumlah umbi dan berat segar umbi per tanaman. Terjadi peningkatan berat segar umbi per tanaman dengan semakin bertambahnya jumlah umbi tanaman bawang merah.

References

[1] Musnamar. Pupuk Organik (Cair dan Padat, Pembuatan, Aplikasi). 2006.Penebar Swadaya. Jakarta.
[2] Budianto, A, Ngawit dan Sudika. Keragaman Genetik Beberapa Sifat dan Seleksi Klon Berulang Sederhana pada Tanaman Bawang Merah Kultivar Ampenan. Crop Agro.2009; 2 (1) : 28-38.
[3] Wibowo, S. Budi Daya Bawang. 2009. Penebar Swadaya. Jakarta.
[4] Pitojo, S. Benih Bawang Merah. 2003.Kanisius. Yogyakarta.
[5] Arham, S., Sakka, M. dan Ichwan. Frekuensi Pemberian Pupuk Organik Cair dan Berbagai Jenis Mulsa Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) Varietas Lembah Palu. Jurnal Agrotekbis. 2014; 3 (2) : 237-248.

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Suprapto, A., & Wibowo, A. N. (2019). Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium cepa faascalonicum, L) pada Berbagai Konsentrasi dan Waktu Pemberian Pupuk Organik Cair. Prosiding University Research Colloquium, 834–837. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/729