Pengaruh Kegiatan Bermain Peran terhadap Perkembangan Kreativitas Pada Anak Pra Sekolah di TK Salatiga

Authors

  • Kurnia Wijayanti Universitas Islam Sultan Agung

Keywords:

Bermain peran, perkembangan kreativitas, usia pra sekolah

Abstract

Latar Belakang : Kreativitas merupakan bagian yang penting untuk anak dalam bertumbuh dan berkembang. Kegiatan yang menunjang kreativitas anak adalah dengan bermain. Salah satunya dengan bermain peran dimana dalam kegiatan ini anak dapat mengontrol emosi, meluapkan gagasan atau ide, melatih kemampuan mental, meningkatkan kepercayaan diri dan daya imajinasi, serta kemampuan untuk mengeluarkan dan mengolah kata-kata. Tujuan untuk mengetahui pengaruh bermain peran terhadap perkembangan kreativitas anak usia pra sekolah.Metode : Penelitian ini jenis Pra Eksperimen, menggunakan metode pendekatan One Group Pretest and Posttest Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, yaitu dengan jumlah responden 41 anak. Anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok dan bermain peran secara makro, yaitu memainkan peran yang di pilihnya (sebagai petani, polisi, pilot, dokter, guru dan lainnya). Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi perkembangan kreativitas meliputi 5 aspek, yaitu main peran tiruan, main pura-pura dengan objek, pura-pura berkaitan dengan tindakan atau keadaan, ketekunan, dan komunikasi lisan. Analisa data menggunakan uji wilcoxon. Hasil : perkembangan kreativitas pada aspek main peran tiruan dan main pura-pura dengan objek mendapatkan hasil anak mulai berkembang 5 orang (12,2%), berkembang sesuai harapan 25 orang (60, 97%), berkembang sangat baik 11 orang (26,83%), pada aspek pura-pura berkaitan dengan tindakan atau keadaan anak mulai berkembang 11 orang (26,83%), berkembang sesuai harapan 15 orang (36,58%), berkembang sangat baik 15 orang (36,58%), aspek ketekunan dan komunikasi lisan anak mulai berkembang 5 orang (12,2%), berkembang sesuai harapan 25 orang (60, 97%), berkembang sangat baik 11 orang (26,83%). Kesimpulan : ada pengaruh kegiatan bermain peran terhadap perkembangan kreativitas anak usia pra sekolah di TK Salatiga dengan nilai p value = 0,004 atau p value <0,05.

References

Masganti, Khadijah, Nasution F, Wahyuni S, Rohani, Nurhayani, et al. pengembangan kreativitas anak usia dini (Teori dan Praktik). Medan: Perdana Mulya Sarana; 2016.
Wahyuni I, Yuliati N. Peningkatan Kreativitas dalam Membuat Bentuk pada Anak Kelompok B2 melalui Bermain Play Dough di TK Plus Al-Hujjah Keranjingan Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015 / 2016 Increase of Creativity in Making The Form on Child Group B2 Through Play Dough in . 2016;1–4.
Hidayah RN. Melalui bermain sains tinta transparan ( Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di Play Group ’ Aisyiyah 20 Pajang Surakarta ). 2010
Aryani N. Konsep pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan islam. Potensia. 2015;14.
Mulyasa. Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara; 2012.
Fauziddin M. Penerapan belajar melalui bermain balok unit untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini. Curricula. 2016;1(3):1–11.
Suhartini P. Pengembangan kreativitas anak usia dini melalui metode bermain dengan permainan balok di Taman Kanak-Kanak Sabrina Sukarame Bandar Lampung. IAIN Raden Intan Lampung; 2016.
Astriya BRI, Kuntoro SA. Pengembangan kreativitas dan minat belajar anak usia 3-4 tahun melalui permainan konstruktif. J Pendidik dan Pemberdaya Masy. 2015;2(November):131–44.
Sujarwo, Hanafi SH. Upaya meningkatkan kreativitas anak dengan memanfaatkan media barang bekas di TK Kota Bima. J Pendidik dan Pemberdaya Masy. 2015;2(November):215–25.
Fakhriyani DV. Pengembangan kreativitas anak usia dini. 2016;4(2).
Yudiastuti R. Peningkatan keterampilan sosial melalui bermain peran pada kelompok B TK Pertiwi Ngablak Kecamatan Srumbung. 2015;

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Wijayanti, K. (2019). Pengaruh Kegiatan Bermain Peran terhadap Perkembangan Kreativitas Pada Anak Pra Sekolah di TK Salatiga. Prosiding University Research Colloquium, 825–830. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/727