Gambaran Tingkat Stres dan Mekanisme Koping Mahasiswa dalam Mengerjakan Skripsi di STIKes Muhammadiyah Gombong Tahun 2019

Authors

  • Zaim Afifuddin Fasya STIKes Muhammadiyah Gombong
  • Podo Yuwono STIKes Muhammadiyah Gombong
  • Cahyu Septiwi STIKes Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Mahasiswa, Tingkat Stres, Mekanisme Koping

Abstract

Latar Belakang : Mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi rentang mengalami stres karena disebabkan kendala-kendala yaitu internal dan eksternal. Cara mengatasi stres tersebut perlu adanya mekanisme koping untuk mengatasi dan menyelesaikan sebuah masalah.Tujuan penelitian : Mengetahui gambaran tingkat stres dan mekanisme koping mahasiswa dalam mengerjakan skripsi di STIKES Muhammadiyah Gombong Tahun 2019. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross-sectional, dengan jumlah populasi 132 mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Sampel yang digunakan dengan teknik total sampling, pengumpulan data dilakukan pada tanggal 22 April-16 Mei 2019, instrumen yang digunakan dengan kuesioner DASS 42 dan kuesioner mekanisme koping. Hasil uji validitas didapatkan rentang nilai r hitung 0,540–0,798, sedangkan nilai r tabel untuk N = 20 adalah 0,444. Uji reliabilitas didapatkan nilai Alpha Cronbach yaitu : ?= 0.927.Hasil penelitian : Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan, karakteristik jenis kelamin mayoritas adalah perempuan sebanyak (77,3%). Sebagian besar tingkat stres mahasiswa dalam mengerjakan skripsi mayoritas stres sedang sebanyak (48,5%), stres berat (9,1%), stres ringan (22,0%), dan normal (20,5%). Dan sebagian besar mekanisme koping mahasiswa dalam mengerjakan skripsi mayoritas baik sebanyak (74,2), cukup (23,5) dan kurang (2,3).Kesimpulan : Sebagian besar mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi masuk dalam kategori stres sedang. Dan mekanisme koping mahasiswa dalam mengerjakan skripsi masuk dalam kategori mekanisme koping yang baik.

References

Agasta. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Mahasiswa Program Tranfer Keperawatan Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Januarti, R. (2009). Hubungan Antara Persepsi terhadap Dosen Pembimbing dengan Tingkat Stres dalam Menulis Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Jimenez, C, Jet al. (2013). Koping and Health in Novice and Experienced Nursing Students During Clinical Practice. Jurnal of Nursing Education and Practice.
Nasir & Muhith, (2011). Dasar-dasar Keperawatan Jiwa: Pengantar dan Teori. Jakarta: Salemba Medika.
Oli. (2013). Mekanisme Moping dalam Mengatasi Stres pada Mahasiswa Akper Dekpes RI tingkat satu Meulaboh.
Rahmi, (2011). Hubungan Tingkat Stres dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan Banda Aceh Jurusan Kebidanan. Poltekkes Kemenkes NAD.
Resti P. W. (2012). Hubungan Tingkat Stres Dengan Gangguan Tidurpada Mahasiswa Skripsi Fakultas Rumpun Science-Tecnology UI : Jakarta
Rita, E. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Prees.
Rosiana, M,A., (2016). Hubungan optimisme dengan mekanisme koping pada mahasiswa tingkatakhir di STIKES Muhammadiyah Kudus dalam menghadapi skripsi. STIKES Muhammadiyah Kudus.
Sarafino, E. P., (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. Canada: John Willey & Son.
Stuart, G.W & Laraia, M.T. 2011. Principles and Practice of Psyciatric Nursing (7th Editions). St. Louis : Mosby.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Edisi Ketujuh, Penerbit CV. ALFABETA.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
Sukadiyanto. (2010). Stres dan cara menanganinya. Skripsi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Negri Yogyakarta.
Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Remaja dan Dewasa. Bandung : PT. Remaja Rosda.

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Fasya, Z. A., Yuwono, P., & Septiwi, C. (2019). Gambaran Tingkat Stres dan Mekanisme Koping Mahasiswa dalam Mengerjakan Skripsi di STIKes Muhammadiyah Gombong Tahun 2019. Prosiding University Research Colloquium, 622–629. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/700