Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pasien Gagal Ginjal Kronik dalam Menjalani Program Therapi Hemodialisa di RS PKU Muhammadiyah Gombong

Authors

  • Gayuh Dwi Laksono STIKes Muhammadiyah Gombong
  • Cahyu Septiwi STIKes Muhammadiyah Gombong
  • Dyah Puji Astuti STIKes Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Kepatuhan, usia, tingkat pengetahuan, motivasi, persepsi pasien terhadap pelayanan perawat, dukungan keluarga

Abstract

Latar Belakang: Pasien gagal ginjal kronik sangat bergantung pada program therapi hemodialisa untuk menggantikan ginjalnya. Kepatuhan pasien penderita gagal ginjal kronik dalam menjalankan program therapi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena jika penderita tidak patuh dalam menjalankan therapi hemodialisa maka akan menyebabkan terjadi penumpukan zat-zat berbahaya dalam tubuh dari hasil metabolisme dalam darah sehingga penderita akan merasakan sakit diseluruh tubuh. Tujuan Penelitian: Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan pasien gagal ginjal kronik dalam menjalani program therapi hemodialisa. Metode Penelitian: Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel terdiri dari 124 responden dengan menggunakan tabel krejcie. Analisa bivariat menggunakan uji chi square dan analisa multivariat menggunakan uji regresi logistic. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh antara usia dengan kepatuhan menjalani program therapi hemodialisa dengan hasil p-value 0.002 < 0.05. Terdapat pengaruh antara tingkat pengetahuan tentang hemodialisa dengan kepatuhan menjalani program therapi hemodialisa dengan hasil p-value 0.001 < 0.05. Terdapat pengaruh antara motivasi dengan kepatuhan menjalani program therapi hemodialisa dengan hasil p-value 0.000 < 0.05. Terdapat pengaruh antara persepsi pasien terhadap pelayanan perawat dengan kepatuhan menjalani program therapi hemodialisa dengan hasil p-value 0.002 < 0.05. Terdapat pengaruh antara dukungan keluarga dengan kepatuhan menjalani program therapi hemodialisa dengan hasil p-value 0.001 < 0.05. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian motivasi merupakan faktor yang paling dominan atau berpengaruh terhadap kepatuhan pasien gagal ginjal kronik dalam menjalani program therapi hemodialisa.

References

[1] Brunner & Suddart. (2013). Keperawatan Medikal Bedah Edisi 8 Volume 2. Jakarta: EGC.
[2] Brunner & Suddart. (2013). Keperawatan Medikal-Bedah Edisi 12. Jakarta: EGC.
[3] Cahyaningsih, N. (2011). Hemodialisis. Yogyakarta: Mitra Cendika Press.
[4] Dani, Rahma (2015). Hubungan Motivasi, Harapan, Dan Dukungan Petugas Kesehatan Terhadap Kepatuhan Pasien Gagal Ginjal Kronik Untuk Menjalani Hemodialisis di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Riau. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau. JOM Vol 2 No 2.
[5] Desitasari. (2015). Hubungan Tingkat Pengetahuan, Sikap, Dan Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Diet Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisa di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Riau. Program Studi Ilmu Keperawatan Riau.
[6] Hartono, A. (2013). Prinsip Diet Penykit Ginjal. Jakarta: Arcan.
[7] Haryono, R. (2012). Keperawatan Medika Bedah Sistem Perkemihan. Yogyakarta: Rapha Publishing.
[8] Haryono. (2013). Sistem Perkemihan. Yogyakarta: ANDI.
[9] Kusnanto. (2011). Pengantar Profesi & Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: EGC.
[10] Mailani, F., & Andriani Riska, F. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Diet Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisis di RS Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2017. Jurnal Endurance 2(3) October 2017 (416-423).
[11] Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
[12] Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
[13] Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
[14] Riset Kesehatan Dasar. (2013). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.
[15] Syamsiah, Nita. (2011). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Pasien CKD Yang Menjalani Hemodialisa Di RSUPAU Dr. Esnawan Antariksa Halim Perdana Kusumua Jakarta. Testis Fakultas Ilmu Keperawatan Program Studi Magister Ilmu keperawatan Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Laksono, G. D., Septiwi, C., & Astuti, D. P. (2019). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pasien Gagal Ginjal Kronik dalam Menjalani Program Therapi Hemodialisa di RS PKU Muhammadiyah Gombong. Prosiding University Research Colloquium, 581–590. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/695