Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Kepuasan Pasien Pre Operasi di Instalasi Bedah Sentral RS PKU Muhammadiyah Gombong

Authors

  • Mochamad Chabibi STIKes Muhammadiyah Gombong
  • Ery Purwanti STIKes Muhammadiyah Gombong
  • Eka Novyriana STIKes Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Komunikasi Terapeutik, Perawat, Kepuasan Pasien

Abstract

Latar Belakang: Komunikasi merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh perawatan dalam melaksanakan asuhan keperawatan. Perawat yang memiliki keterampilan berkomunikasi secara terapeutik tidak saja akan mudah menjalin hubungan rasa percaya dengan pasien, serta dapat memberikan kepuasan professional dalam pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan serta citra rumah sakit. Oleh karena itu pengukuran kepuasan pasien terhadap komunikasi perawat akan bermanfaat dalam memonitor dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan: Mengetahui Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Kepuasan Pasien Pre Operasi Di Instalasi Bedah Sentral RS PKU Muhammadiyah Gombong. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 163 responden, sampel yang diambil menggunakan accidental sampling. Analisa data meliputi analisis univariat dan analisa bivariat dengan menggunakan uji statistik Korelasi Kendal Tau. Menggunakan kuisioner komunikasi terapeutik perawat dengan 24 item pertanyaan dan kepuasan pasien dengan 3 item pertanyaan. Hasil penelitian: Tingkat komunikasi terapeutik perawat dan kepuasan pasien mayoritas cukup. Hasil analisis menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien pre operasi di Instalasi Bedah Sentral RS PKU Muhammadiyah Gombong (P = 0,000 ; P <0,05). Koefisien korelasi r = .0587. Kesimpulan: Ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien pre operasi di Instalasi Bedah Sentral RS PKU Muhammadiyah Gombong. Rekomendasi: RS PKU Muhammadiyah gombong untuk mengadakan inhouse training tentang komunikasi terapeutik pada pasien untuk para pegawai khususnya perawat. Bagi peneliti selanjutnya dapat meneliti di ruang keperawatan lain.

References

[1] Arikunto. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta
[2] Arwani. (2006). Manajemen Bangsal Keperawatan. Jakarta: EGC.
[3] Asmadi. (2014). Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC
[4] Brunner & Suddarth, (2002). Buku Ajar Medikal Bedah, Alih Bahasa: Waluyo Agung., Yasmin Asih., Juli., Kuncara., I. made karyasa. Jakarta: EGC.
[5] Damiyanti.M. (2008). Komunikasi terapeutik dalam keperawatan. Jawa Timur: Rafika Aditama.
[6] Depkes RI. (2009). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2008. Jakarta: Dapartemen Kesehatan Republik Indonesia.
[7] Irawan. (2012). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
[8] Lapau B. (2013) Metode Penelitian Kesehatan. Yayasan Pustaka Obor, Jakarta.
[9] Lestari, dkk. (2009). Analisa Faktor Penentu Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul, Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia
[10] Potter, A; Perry,A. G. (2006). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses. Dan Praktik, edisi 4, Volume 2. Jakarta: EGC.
[11] Mustikasari. 2006. Komunikasi dalam Pelayanan Keperawatan.http://mustikanurse. Komunikasi dalam Pelayanan Keperawatan.com.
[12] Sangadji, E., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen; Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian.Yogyakarta: Andi. Septyani, Aryati., Nugroho, Haryanto Adi. 2009. Hubungan Antara Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Islam Kendal. Jurnal Keperawatan Volume 2 Nomor 2 Maret 2009, Halaman 36-41.
[13] Saryono. (2011). Metodologi Kebidanan DIII, DIV, S1, S2. Yogyakarta: Nuha Medika.
[14] Shandra Dalam Rhona, S. (2013). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Instalasi Rawat Inap Non Bedah (Penyakit Dalam Pria Dan Wanita) RSUP Dr DJAMIL Padang. Jurnal Kesehatan STIKES Syedza Saintika Padang Hal 68-73.
[15] Suhaila, Susanto, & Kusumo. (2017). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Bedah Sentral. Proceeding Health Architecture, 83-95.
[16] Supratman, D., & Prasetyo, E. (2010). Bisnis Orang Sakit. Yogyakarta: Resist Book.
[17] Videbeck. S. (2008). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.
[18] Wit Sin, Dalam Citra. (2012). Therapeutic communication. Nightingale Nurs Times, 8(1):17-

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Chabibi, M., Purwanti, E., & Novyriana, E. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Kepuasan Pasien Pre Operasi di Instalasi Bedah Sentral RS PKU Muhammadiyah Gombong. Prosiding University Research Colloquium, 464–472. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/677