Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kebiasaan Memilih-Milih Makan (Picky Eater) pada Anak Prasekolah di TK Aisyiyah I Gombong Kabupaten Kebumen

Authors

  • Arini Mustikasari STIKes Muhammadiyah Gombong
  • M Marsito STIKes Muhammadiyah Gombong
  • E Ernawati STIKes Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Picky eater, Pola Asuh Orang Tua, Prasekolah

Abstract

Picky eater merupakan salah satu faktor yang berpengaruh status gizi pada anak prasekolah. Di Indonesia yang terjadi picky eater pada anak sekitar 20%, dari anak picky eater sekitar 44,5% yang mengalami malnutrisi ringan sampai sedang, dan sekitar 79,2% telah mengalami picky eater lebih dari 3 bulan. Dalam hal ini peran orang tua banyak mempengaruhi perkembangan makan pada anak terutama ibu sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pola makan pada anak prasekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kebiasaan memilih-milih makan (picky eater) pada anak prasekolah di TK Aisyiyah I Gombong Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 67 responden. Alat pengumpulan data berupa kuisioner dengan analisa data menggunakan uji korelasi Kendal Tau dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada bulan Mei 2019, didapatkan bahwa mayoritas orang tua menerapkan pola asuh demokratis yaitu 39 (52,8%), pola asuh otoriter 22 (32,8%), dan pola asuh permisif 6 (9,9%). Sedangkan mayoritas picky eater dengan intensitas baik sebanyak 43 (64,2%), picky eater dengan intensitas cukup 20 (29,9%), dan 4 (6,0%) memiliki picky eater kurang. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kebiasaan memilih-milih makan (picky eater) pada anak prasekolah di TK Aisyiyah I Gombong Kabupaten Kebumen. Diharapkan bisa menjadi bahan referensi untuk menambah wawasan ilmiah khususnya bagi orang tua mengenai cara menangani picky eater dengan benar dan pengawasan terhadap anak terkait dengan picky eater.

References

Anggraini, I. R. (2014). Perilaku Makan Orang Tua dengan Kejadian Picky Eater Pada Anak Usia Toddler. Jurnal Keperawatan, 154-162.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baumrind. (2010). Karakteristik Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Renika Cipta.
Dorfman, K. (2011). What's Eating Your Child. USA: Workman Publishing.
Furqon, L. (2013). Ilmi Kesehatan dan Gizi. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Hidayat, A. A. (2012). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba Medika
Kesehatan Jawa Tengah. (2017). Profil Kesehatan Propinsi Jawa Tengah Tahun 2017. Jawa Tengah: Dinkes Jawa Tengah.
Khasanah, N.A. (2014). Hubungan Sikap Ibu Tentang Kesulitan Makan Dengan Status Gizi Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Di Desa Wonosari Ngoro Mojokerto. Journal P2m.
Kurniasih, D., Hilmansyah, H., Astuti , M. P., & Imam, S. (2010). Sehat dan Bugar Berkat Gizi Seimbang. Jakarta: Kompas Gramedia
Marmi. (2013). Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Gramedia.
Marmi, & Raharjo, K. (2012). Asuhan Neonatus, Bayi, Balita, dan Anak Prasekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mascola , A. J., Bryson , S. W., & Agras, W. S. (2010). Picky Eating During Childhood: a Longitudinal Study to Age 11 Years. Eating Behaviors, 11(4), 235-257.
Muharyani, Putri Widita. (2015). Hubungan Praktik Pemberian Makan Bayi dalam Keluarga dengan Kejadian Sulit Makan pada Populasi Balita di Kuto Batu Kota Palembang. Tesis. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.
Priyanti, S. (2013). Pengaruh Perilaku Makan Orang Tua Terhadap Kejadian Picky Eater (Pilih-Pilih Makan) Pada Anak Toodler Di Desa Karang Jeruk Kecamatan Jatirego Mojokerto. Medica Majapahit, Vol 5. No. 2.
Sari, G., Lubis, G., dan Edison. (2016). Hubungan Pola Makan dengan Status Gizi Anak Usia 3-5 tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Padang 2014. Jurnal Kesehatan Andalas, 5 (2).
Saryono. (2011). Metedologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Soetjiningsih. (2009). Tumbuh Kembang Anak Bagian Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana Bali. Jakarata: EGC
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulistyoningsih . (2012). Gizi untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.
UNICEF, WHO, World Bank Group, Joint Child Malnutrion Estimate. 2016. Levels and Trends in Child Malnutrion.

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Mustikasari, A., Marsito, M., & Ernawati, E. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kebiasaan Memilih-Milih Makan (Picky Eater) pada Anak Prasekolah di TK Aisyiyah I Gombong Kabupaten Kebumen. Prosiding University Research Colloquium, 446–453. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/675