Hubungan antara Bermain Gadget dengan Ketajaman Nilai Visus Mata pada Anak Usia Sekolah TPQ Mamba'ul Ulum Wedarijaksa Pati Tahun 2018

Authors

  • Sri Siska Mardiana Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Dewi Hartinah Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Umi Faridah Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Nanang Prabowo Universitas Muhammadiyah Kudus

Keywords:

Bermain gadget, visus mata

Abstract

Latar Belakang :Visus mata anak usia sekolah dipengaruhi oleh salah satunya bermain gadget dalam waktu yang lama dengan bermain gadget maka akan terjadi kelelahan mata dan dapat menurunkan ketajaman penglihatan (visus mata). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara bermain gadget dengan ketajaman nilai visus mata pada anak usia sekolah Metode : Jenis penelitian ini adalah analitik korelasi dengan metode purpose yang dianalisis dengan Teknik analisis yang digunakan adalah Rank spearman dengan tingkat kemaknaan 95% yang meliputi analisis univariat dan bivariate terhadap variable bermain gadget dan nilai visus mata di sekolah TPQ Mamba’ul Ulum Wedarijaksa Pati tahun 2018 Responden dalam penelitian adalah sebanyak 44 orang responden. Hasil :Hasil analisa melalui korelasi spearman memberi kesimpulan bahwa Korelasi antara bermain gadget” dengan Nilai visus mata tidak signifikansi sebesar 0,352. Karena signifikansi (p-value)>0,05, yang artinya tidak ada hubungan Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara bermain gadget dengan Nilai visus mata.

References

Ahmad FR. 2015. Hubungan Kebiasaan Membaca Dengan Penurunan Ketajaman Penglihatan di SD Santo Antonius 02 Banyumanik.
Anggityas FP. 2015. Gambaran Perubahan Ketajaman Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah Yang Bermain Game Online Di WarnetX Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang.
Arofah Gesti FD. 2013. Pengaruh Intensitas Penerangan Terhadap Kelelahan Mata Pada Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri 02 Kuripan-Purwodadi.
Bruce James. 2005. Oftalmologi Umum. Erlangga.
Dedy Facrhrian. 2009. Prevalensi Kelainan Tajam Penglihatan Pada Pelajar SD“X” Jatinegara Jakarta Timur. Maj.kedokt Indon. Vol 59, No 6.
Dewanti, Widada, Triyono. 2016. Hubungan Keterampilan Sosial dan Penggunaan Gadget Smartphone dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 9 Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1, (3), 126-131.
Eka Bebasari. 2015. Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Gangguan Ketajaman Penglihatan Pada Anak Sekolah Dasar Kelas Vdan VI di Sekolah Dasar Negeri 017 Bukit Raya Pekanbaru. JO M FK Vol II, No 2.
Fadilah Ahmad. 2014. Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi Handphone (HP) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri 66 Jakarta Selatan.
Fauziah R. 2015. Hubungan Durasi Bermain Video Game Dengan Ketajaman Penglihatan Anak Usia Sekolah. Jurnal Skolastik Keperawatan. Vol 1, No 2.
Freelyn. 2015. Gambaran Visus Mata Pada Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal e-Biomedik (e-Bm). Vol 3,No3.
Ganong Wiliam F. 2001. Fisiologi Kedokteran. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Harianto Ridwan. 2009. Buku Ajar Kesehatan Kerja.Jakarta :EGC.
Hartono. 2009. Simptomalogi dalam Neuro-Oftalmologi. Yogyakarta :Pustaka Cendekia Press.
Ilyas Sidarta. 2013. Ilmu Penyakit Mata. Jakarta: Badan Penerbit FKUI.
Ishidharmanjaya dan Agency. 2014. Bila Si Kecil Bermain Gadget.Yogyakarta, Electronic book (Ebook).
Joeri K.abimayu. 2010. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelainan Refraksi Miopia Pada Anak SD di Kabupaten Tanggamus Th 2009/2010. (Tesis)
Kadek Gede BG,Made Dharmadi. 2013. Gambaran Ketajaman Penglihatan Berdasarkan Intesitas Bermain Game Siswa SMP di Wilayah Kerja Puskesmas Gianyar I Bulan Maret-April 2013.e-Jurnal Medika Udayana.Vol 4.Issue1.
Lely I. Porotu’o, Woodford, B.S Joseph, Ricky C, Sondakh. Faktor-Faktor Yang Berhubugan Dengan Ketajaman Penglihatan Pada Pelajar SD Katolik Santa Theresia 02 Kota Manado. 2015
Syaifuddin. 2003. Anatomi Fisiologi Untuk Mahasiswa Keperawatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Widea Ernawati. 2015 Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Tajam Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) di SD Muhamadiyah 2 Pontianak Selatan.

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Mardiana, S. S., Hartinah, D., Faridah, U., & Prabowo, N. (2019). Hubungan antara Bermain Gadget dengan Ketajaman Nilai Visus Mata pada Anak Usia Sekolah TPQ Mamba’ul Ulum Wedarijaksa Pati Tahun 2018. Prosiding University Research Colloquium, 228–237. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/606