Gambaran Penerapan Model Delegasi Keperawatan Relactor (MDK'R') pada Perawat Kepala Ruang

Authors

  • Vivi Yosafianti Pohan Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Herda Syahvira Faozah Universitas Muhammadiyah Semarang

Keywords:

Responsibility, Accountability, Authority, MDK'R'

Abstract

Model Delegasi Keperawatan Relactor (MDK’R’) adalah suatu alat untuk memastikan atau menjamin penyelesaian tugas sesuai dengan tujuan dan standar asuhan keperawatan. MDK’R’ memiliki prinsip yaitu adanya keseimbangan antara komponen tanggung jawab (Responsibility), kemampuan (Accountability) dan wewenang (Authority). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan komponen delegasi tanggung jawab (Responsibility), mengetahui gambaran penerapan komponen delegasi kemampuan (Accountability), mengetahui gambaran penerapan komponen delegasi wewenang (Authority) dan mengetahui gambaran penerapan model delegasi keperawatan relactor (MDK’R’) pada perawat kepala ruang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, tempat penelitian RS Roemani Semarang dengan jumlah sampel 20 responden. Hasil penelitian menunjukkan penerapan komponen responsibility dengan kategori baik sebesar 100%, accountability dengan kategori baik sebesar 90% dan cukup sebesar 10%, dan komponen authority dengan kategori baik sebesar 80% dan kategori cukup sebesar 20% dan penerapan MDK’R’ di RS Roemani Semarang perawat kepala ruang tergolong baik sebanyak 100%. Penerapan MDK’R’ komponen responsibility, accountability, dan authority menunjukkan perawat kepala ruang memiliki tanggung jawab yang baik, kemampuan yang baik, dan wewenang yang baik. Hal ini menunjukkan MDK’R di RS Roemani Semarang telah diterapkan dengan baik.

References

1. Marquis B, Huston C. Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan : Teori dan Aplikasi. 4th ed. Jakarrta: EGC; 2013.
2. Pohan V. Modul Pelatihan Perawat Penerapan Model Delegasi Keperawatan “Relactor.” Semarang: Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang; 2019.
3. Zulkarnain. Analisis Pelaksanaan Fungsi Manajemen Pengarahan Kepala Ruangan Dengan Kinerja Perawat Dalam Menerapakan Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Bima. J Manaj Keperawatan. 2017;1(2):233–50.
4. Bragadóttir. Delegation of Registered Nurses Revisited : Attitudes towards delegation and preparedness to delegate effectively. J Nurs Manag. 2012;32(1):10–5.
5. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2009.
6. Arikunto. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.
7. Chrismilasari L. Pengalaman Pendelegasian Kepala Ruangan Di Rumah Sakit Banjarmasin. J Keperawatan Suaka Insa. 2018;3(2):1–8.
8. Herlina H, Mattalatta M, Kadir I. Pengaruh Pengetahuan, Sikap, Dan Beban Kerja Terhadap Kelengkapan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Di RSUD Kelas B Kabupaten Bone. J Manage. 2018;1(35–45).
9. Swansburg R. Introductory Management and Leadership for Nurses. London: Jones and Bartlett Publishers, Inc; 1999.
10. Pohan V. Development and Application of ‘Relactor’ Nursing Delegation Model in Indonesia. J Nurs Manag. 2016;1(1):3–5.
11. Sumiyati A. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Kepala Ruang Rawat Inap Di Rumah Sakit Dokter Kariadi Semarang. Universitas Diponegoro Semarang; 2006.
12. Rizal A. Hubungan Pelaksanaan Fungsi Manajemen Kepala Ruang Dengan Motivasi Perawat Pelaksana Dalam Memberikan Layanan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap RSUD Semarang. Universitas Diponegoro Semarang; 2015.
13. Nursalam. Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika; 2015.

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Pohan, V. Y., & Faozah, H. S. (2019). Gambaran Penerapan Model Delegasi Keperawatan Relactor (MDK’R’) pada Perawat Kepala Ruang. Prosiding University Research Colloquium, 189–196. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/602