Studi Kasus pada Pasien Stroke Non Hemoragik dengan Gangguan Citra Tubuh di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit X

Authors

  • Ike Mardati Agustin STIKes Muhammadiyah Gombong
  • Irvan Tri Adityasto STIKes Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Studi kasus, stroke non hemoragic gangguan citra tubuh, asuhan keperawatan

Abstract

Latar Belakang: Pasien yang mengalami stroke non hemoragic menunjukan gejala diantaranya yaitu kelemahan saraf, kelemahan otot, kurang gerak, kekakuan sendi, kurang energi, kondisi ini dapat memicu munculnya perubahan kondisi fisik dan psikologis akibat adanya keterbatasan, adanya kelemahan maupun keterbatasan inilah yang akan berdampak pada citra tubuh, sehingga pasien akan mengalami gangguan citra tubuh. Untuk mengatasi kondisi ini dibutuhkan peran perawat untuk memberikan asuhan keperawatan. Tujuan: memberikan gambaran studi kasus pada pasien stroke non hemoragic dengan gangguan citra tubuh di ruang rawat inap rumah sakit X. Metode: karya ilmiah adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada 2 pasien stroke non hemoragic yang mengalami gangguan citra tubuh yang dilakukan selama 4 hari untuk masing-masing subyek. Hasil: studi kasus menunjukan adanya penurunkan tanda gejala gangguan citra tubuh pada Pasien 1 sebesar 50% dan pasien 2 sebesar 50%, terjadi peningkatan kemampuan dalam mengatasi gangguan citra tubuh pada pasien 1 sebesar 60% dan pasien 2 sebesar 60%. Rekomendasi: studi kasus ini direkomendasikan sebagai salah satu acuan perawat dalam memberikan asuhan keperawatan Gangguan Citra Tubuh kepada pada pasien stroke non hemoragik di ruang rawat inap rumah sakit.

References

Amir, S., & Rokimun. 2016. Sembuh Alami untuk berbagai Penyakit Berbahaya.
Jakarta: Dunia Sehat. Badan Penelitian dan Perkembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Perkembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.
Budiman. 2013. Pedoman Standar Pelayanan Medik dan Standar Prosedur Operasional Neurolog. Bantul: Refika Aditama.
Bulechek, G. M., Butcher, H. K., Dochterman, J. M., Wagner, C. M. 2013. Nursing Interventions Classification (NIC). Edisi Keenam. Alih Bahasa Oleh Intansari Nurjannah. Jakarta. CV Mocomedia.
Carpenito, L. J., Moyet. 2007. Buku saku diagnosis keperawatan. Jakarta: EGC
Christensen, P.J., & Kenney, J.W. 2009. Proses Keperawatan Aplikasi Model Konseptual. Jakarta: EGC
Daniel. 2015. Seputar Komplikasi Stroke Hemoragik, Non Hemoragik, dan Iskemik. Terdapat pada website http://komplikasistroke.com/, diakses pada 4 juni 2017.
Dinkes Banyumas. (2014). Profil Kesehatan Kabupaten Banyumas tahun 2014. Banyumas: Dinas Kesehatan Banyumas.
Freud. 2007. Stroke Non Hemoragik dan Gangguan Jiwa. Edisi 8. Alih Bahasa Oleh Arifin, Heni, Arsyad. Jakarta: Cakrawala
Goldsein, L.B.et al. 2011. Guidelines for the primary prevention of stroke: a guideline for healthcare professionals from the American Heart Association/American Stroke Association. Stroke. (Suppl. 42), 517-84.
Herdman T. H, Kamitsuru. S. 2015. Diagnosis Keperawatan Definisi & Klasifikasi 2015-2017. Edisi 10. Alih Bahasa Oleh Budi, Heni, Akemat, Arsyad. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Hidayat, A. A. 2010. Metode penelitian kesehatan paradigma kuantitatif. Surabaya: Health Books Publising.
Jatnika. 2008. Asuhan Keperawatan pada klien dengan gangguan citra tubuh. Surabaya: Andi
Junaidi, I. 2011. Stroke Waspadai Ancamannya. Yogyakarta: Andi Kalijana, R. 2008. Gangguan Citra Tubuh. Jakarta: Cakrawala
Moorhead, S., Johnson, M., Maas, M. L., Swanson, E. 2013. Nursing Outcomes Classification (NOC) Pengukuran Outcomes Kesehatan. Edisi Kelima. Alih Bahasa Oleh Intansari Nurjannah. Jakarta: CV Mocomedia.
Muttaqin, A. 2008. Buku Ajar Asuhan Keperawatan Klien dengan Gangguan Sistem Persarafan. Jakarta: Salemba Medika.
Nastiti, D. 2012. Gambaran Faktor Risiko Stroke. Depok: Departemen Epidemiologi.
Nursalam. 2009. Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan, edisi 2 pedoman skripsi, tesis, dan instrumen penelitian keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Agustin, I. M., & Adityasto, I. T. (2019). Studi Kasus pada Pasien Stroke Non Hemoragik dengan Gangguan Citra Tubuh di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit X. Prosiding University Research Colloquium, 171–176. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/599