Pengaruh Penambahan Traksi pada Intervensi Graston Technique terhadap Penurunan Nyeri Gerak pada Lansia dengan Osteoarthritis Lutut

Authors

  • W Wijianto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mahendra Wahyu Dewangga Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dea Choirunisa Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Osteoarthritis, Graston Technique, Traksi, Lansia

Abstract

Peningkatan populasi lansia saat ini sejalan dengan permasalahan kesehatan yang juga meningkat pada lansia. Permasalahan kesehatan tersebut dapat mempengaruhi kualitas hidup dan merupakan tantangan bagi keluarga dan masyarakat. Permasalahan kesehatan pada lansia yang sering terjadi adalah penyakit degeneratif, salah satunya yaitu Osteoarthritis (OA). Prevalensi OA di Indonesia sendiri mencapai 23,6% - 31,3% dan diperkirakan 1-2 juta lansia menderita cacat akibat OA. Penanganan pada osteoarthritis lutut bertujuan untuk mengurangi nyeri terutama nyeri gerak yang diakibatkan karena adhesi dan spasme otot, meningkatkan aktifitas fungsional dan mencegah disabilitas. Modalitas fisioterapi yang digunakan dalam penanganan osteoarthritis lutut yaitu graston technique dan traksi. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara intervensi graston technique dengan penambahan traksi pada intervensi graston tehnique terhadap penurunan nyeri gerak pada lansia dengan osteoarthritis lutut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan Quasi Experiment yang dilakukan untuk mencari sebab akibat dengan desain penelitian pre and post test with group control. Desain penelitian tersebut membandingkan antara 2 kelompok (kelompok perlakuan dan kelompok kontrol). Kelompok perlakuan diberikan intervensi graston technique dan kelompok kontrol diberikan traksi dan graston technique. Pemeriksaan menggunakan Numeric Rating Scale dan Time Up and Go Test. Hasil analisis menggunakan uji Independent sample t test didapatkan nilai p sebesar 0,002. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya perbedaan pengaruh antara pemberian graston technique dan traksi pada OA.

References

1. Gupta R, Heggannavar A. Quantitative Effects of Proprioceptive Exercises and Mulligan’S Mwm in Subjects With Osteoarthritis Knee-a Randomized Controlled Trial. Int J Ther Rehabil Res. 2015;4(4):191.
2. Hasiibi W. Prevalensi Dan Distribusi Osteoartritis Lutut rdasarkan Karakteristik Sosio-Demografi Dan Faktor Risiko Di Wilayah Kerja Puskesmas Susut I, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli Pada Tahun 2014. Intisari Sains Medis. 2015;4(1):32.
3. Soeroso J, Isbagio H, Kalim H, Broto, Pramudiyo R. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid III Edisi V. V. Jakarta: Interna Publishing; 2009.
4. Heidari B. Knee osteoarthritis prevalence, risk factors, pathogenesis and features: Part I. Casp J Intern Med. 2011;2(2):205–12.
5. Silverwood V, Blagojevic-Bucknall M, Jinks C, Jordan JL, Protheroe J, Jordan KP. Current evidence on risk factors for knee osteoarthritis in older adults: A systematic review and meta-analysis. Osteoarthr Cartil [Internet]. 2015;23(4):507–15. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.joca.2014.11.019
6. Stow R. Instrument-assisted soft tissue mobilization. Int J Athl Ther Train. 2011;16(3):5–8.
7. Ernst E, Posadzki P. Reporting of adverse effects in randomised clinical trials of chiropractic manipulations: A systematic review. N Z Med J. 2012;125(1353):87–140.
8. Dao YJ, Tam K, Huang T, Huang S. Intermittent Cervical Traction for Treating Neck Pain : A Meta-analysis of Randomized Controlled Trials. 2016.
9. Maher S, Creighton D, Kodratek M, Krauss J, Qu X. The effect of tibio-femoral traction mobilization on passive knee flexion motion impairment and pain: A case series. Man Manip Ther. 2010;18(1):29–36.

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Wijianto, W., Dewangga, M. W., & Choirunisa, D. (2019). Pengaruh Penambahan Traksi pada Intervensi Graston Technique terhadap Penurunan Nyeri Gerak pada Lansia dengan Osteoarthritis Lutut. Prosiding University Research Colloquium, 157–161. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/597