Pengaruh Baby Massage dan Baby Spa (Solus per Aqua) terhadap Motorik Kasar Bayi Usia 4-6 Bulan

Authors

  • Adnan Faris Naufal Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Prilliya Artika Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Bayi, message, motoric kasar

Abstract

Baby massage adalah sentuhan / pijat pada bayi yang dapat memberikan kontak tubuh berkelanjutan yang dapat mempertahankan perasaan aman pada bayi. Baby Spa (Solus per aqua) adalah stimulasi yang bermanfaat bagi kesehatan dan perkembangan bayi. Bermain air atau berenang akan melatih otot-otot bayi berkembang dengan sangat baik, sendi tumbuh optimal, pertumbuhan berat badan dan panjang badan akan meningkat, dan tubuh akan menjadi fleksibel. Mengetahui perbedaan pengaruh baby massage dan baby spa terhadap peningkatan motorik kasar bayi usia 4 – 6 bulan di bidan praktek mandiri wulan singopuran. Metode penelitian menggunakan pendekatkan quasi eksperimental dengan desain penelitian pre dan post test. Sempel penelitian adalah bayi usia 4 – 6 bulan dengan jumlah 20 bayi, 10 kelompok perlakuan baby massage dan 10 perlakuan baby spa (solus per aqua). Penelitian ini dilakukan secara rutin 1 minggu 1 kali selama 4 kali dengan durasi 20-30 menit. Dari hasil uji paired sample t- test pada hasil pre test dan post test nilai motorik kasar dengan GMFN (Gross Motor Function Measure) menggambarkan bahwa kelompok baby massage dan kelompok baby spa mampu memberikan pengaruh terhadap peningkatan motorik kasar bayi usia 4-6 bulan, karena nilai p = 0,000 yang berarti p < 0,05 jadi Ha diterima. Dan hasil uji independent t-test yang tujuannya untuk mengetahui perbandingan peningkatan motorik kasar pada kelompok baby massage dan kelompok baby spa, hasil menunjukkan bahwa pada kelompok baby massage nilai p = 0,562 berarti Ha ditolak. Sedangkan pada kelompok baby spa nilai p = 0,562 berarti Ha ditolak. Ada pengaruh pemberian perlakukan baby massage dan baby spa terhadap peningkatan motorik kasar bayi usia 4-6 bulan dan tidak ada perbedaan pengaruh perlakuan baby massage dan baby spa terhadap peningkatan motorik kasar bayi usia 4-6 bulan di PMB Wulan Singopuran.

References

Alien, K. Eileen & Lynn R. Marotz. 2010. Profil perkembangan anak: pra kelahiran hingga usia 12 tahun. Jakarta: PT Ideks.
Ardina, Dian. 2013. Tumbuh kembang dan terapi permainan pada anak. Jakarta: Salemba Medika.
Gurol, E. Mandy & Sevinc Polat. 2012. The Effects of Baby Massage on Attachment between Mother and their Infants. Journal Asian Nursing. Hal 35-41.
Naufal, Adnan Faris & Agus Widodo.2016. The Effect Of Stimulating Massage in Decreasing Neonates Bilirubin Level At Dr. Moewardi Hospital Surakarta.
Sudiro, Karningsih & Sri Mulyati.2018. Baby Spa Effect on Growth. Asian Jurnal of Applied Sciences. Vol.6.No.5.
Sumantri, Arif. 2011. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Kencana.
Suryono, Danang. 2013. Statistik untuk Paramedis.Bandung : Alfabeta.
Sutarmi, dkk. 2014. Mom Massage, Baby Massage and SPA. Semarang: Indonesia Holistic Care Association (IHCA).

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Naufal, A. F., & Artika, P. (2019). Pengaruh Baby Massage dan Baby Spa (Solus per Aqua) terhadap Motorik Kasar Bayi Usia 4-6 Bulan. Prosiding University Research Colloquium, 153–156. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/596