Pengetahuan tentang Pencegahan Demensia pada Kelompok Lansia Rumah Sehat Dokter Monte Selokerto

Authors

  • Hendri Tamara Yuda STIKes Muhammadiyah Gombong
  • Rina Saraswati STIKes Muhammadiyah Gombong
  • Lutfia Uli Na'mah STIKes Muhammadiyah Gombong

Keywords:

pengetahuan, pencegahan, demensia, lansia

Abstract

Otak merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang berfungsi untuk mengatur sistem tubuh dan sebagai pusat kognitif.. Banyak cara yang digunakan untuk menstimulasi otak diantaranya aktivitas, membaca buku, bermain catur, mengisi TTS, senam lansia dan senam otak. Lansia di klinik rumah sehat dokter monte merupakan pasien BPJS yang tergabung dalam kegiatan rutin. Kegiatan rutin dilaksanakan meliputi kegiatan sosial, spiritual dan kesehatan. Hasil wawancara dengan lansia beberapa mengalami kejadian pelupa meletakkan barang misalnya kunci kamar atau kunci kendaraan. Beberapa lansia belum pernah mendapatkan pengetahuan tentang pencegahan demensia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan tentang pencegahan demensia pada lansia. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan kondisi variable. Sampel pada penelitian ini sebanyak 27 orang yang aktif dalam kegiatan setiap bulan. Hasil penelitian sebagi 88,89 % responden perempuan dan 11,11 % responden laki laki. Tingkat pengetahuan tentang pencegahan demensia dengan kriteria pengetahuan baik 18,5 %, Cukup 37 % dan Kurang 44,4 %.

References

Notoatmodjo, S. (2010).Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Panjaitan, Arif. (2017). hubungan antara dukungan keluarga terhadap keaktifan lansia dalam mengikuti posyandu lansia di puskesmas Emparu. Jurnal Vokasi Kesehatan (JVK) 3 (2) tahun 2017.
Putri, Mindianata. (2018). Faktor Faktor yang berpengaruh terhadap niat keatifan lansia dalam mengikuti posyandu lansia. Jurnal Promkes vol 6 No 2, 2 Desember 2018 Stanley, M & Beare, P.G. (2007). Buku ajar keperawatan gerontik. (Nety Juniarti,. Sari Kurnianingsih, Penerjemah). Jakarta : EGC. Syamsuddin Suardiman, Siti Partini. (2011). Psikologi Usia Lanjut. Yogyakarta: Gadjah Mada.

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Yuda, H. T., Saraswati, R., & Na’mah, L. U. (2019). Pengetahuan tentang Pencegahan Demensia pada Kelompok Lansia Rumah Sehat Dokter Monte Selokerto. Prosiding University Research Colloquium, 149–152. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/595