Penerapan Terapi Murotal terhadap Penurunan Intensitas Nyeri pada Pasien Hipertensi

Authors

  • Dwi Ana Eka Saputri STIKes Muhammadiyah Gombong
  • Hendri Tamara Yuda STIKes Muhammadiyah Gombong

Keywords:

nyeri, murotal, hipertensi

Abstract

Hipertensi adalah kondisi yang terjadi peningkatan tekanan darah dimana tekanan sistolik di atas 140 mmHg dan tekanan diastolik diatas 90 mmHg. Salah satu tanda gejala dari hipertensi adalah nyeri kepala. Nyeri kepala terjadi karena adanya arteroklerosis yang menyebabkan spasme pada pembuluh darah (arteri) dan penurunan O2 (oksigen) di otak. Untuk penanganan nyeri kepala dapat dilakukan dengan penerapan terapi murotal. Tujuan penelitian ini menggambarkan asuhan keperawatan terhadap penurunan intensitas nyeri dengan pemberian terapi murotal. Metodemenggunakan metode deskriptif studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi. Subyeknya adalah dua pasien dengan masalah nyeri kepala pasien hipertensi. Instrumen yang digunakan menggunakan pengukuran skala nyeri. Pengukuran skala nyeri dilakukan sebelum dan sesudah penerapan terapi murotal. Setelah dilakukan terapi murotal selama 4 kali pertemuan, pasien 1 mengalami penurunan nyeri dari skala nyeri 7 (nyeri berat) menjadi skala nyeri 2 (ringan) sedangkan pasien 2 mengalami penurunan skala nyeri 8 (nyeri berat) menjadi skala nyeri 3 (ringan). Dalam studi kasus ini menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara terapi murotal Al-Qur’an terhadap penurunan intensitas nyeri pada pasien hipertensi. Perawat dapat mengembangkan penerapan terapi murotal Al- Qur’an dalam menurunkan intensitas nyeri pada penderita hipertensi.

References

Guyton dan Hall, (2013). Fisiologi Kedokteran, Edisi 9, Terjemahan oleh Irawati Setiawan, EGC, Jakarta.
Heasodo, A.(2013). Kajian klinis musik sebagai alat terapi kesehatan.
Kowalak, J.P., Welsh, W., & Mayer, B. (2012).Muttaqqin, A. (2009). Asuhan keperawatan klien dengan gangguan sistem kardiovaskuler. Jakatra : Salemba medika.
Martuti. (2009). Merawat dan Menyembuhkan Hipertensi. Bantul: Kreasi Wacana Potter, P.A., & Perry, A.G. (2013). Fundamental keperawatan.Edisi 4.Volume 2. Jakarta : EGC.(2010). Fundamental keperawatan. Edisi 7. Buku 2. Jakarta: Salemba medika.
Remolda, P. (2013). Pengaruh Al-Qur’an pada manusia dalam perspektif fisiologi dan psikologi.
Smeltzer & Bare, (2013). Buku Ajaran Medikal Bedah Bruner &Sudart Folt, 2. Jakarta: EGC.
Zulkuraini, N.A.,Kadir, R.S.S.A., Murat, Z.H., & Isa, R.M. (2012, February). The compafison between listening to al-Qur’an and listening to classical music on the brainwave signal for the alpha band. In Intelligent Systems, Modelling and Simulation (ISMS), 2012 Third Internasional Conference on (pp.181-186).

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Saputri, D. A. E., & Yuda, H. T. (2019). Penerapan Terapi Murotal terhadap Penurunan Intensitas Nyeri pada Pasien Hipertensi. Prosiding University Research Colloquium, 122–126. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/591