Penerapan Terapi 5 Jari pada Pasien Psikosomatis untuk Mengurangi Kecemasan di Klinik dr. Bangun di Desa Kamulyan Kecamatan Tambak

Authors

  • Bahtiar Ahmad Noor Hanavy STIKes Muhammadiyah Gombong
  • Ike Mardiati Agustin STIKes Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Kecemasan, Psikosomatis, Terapi 5 jari

Abstract

Latar Belakang : Psikosomatis merupakan suatu permasalahan psikologis yang dapat menimbulkan keluhan-keluhan fisik. Kecemasan merupakan salah satu permasalahan psikologis yang dapat menimbulkan psikosomatis. Terapi 5 jari merupakan salah satu psikoterapi yang dapat digunakan untuk mengurangi kecemasan. Tujuan : Studi kasus ini adalah Menggambarkan asuhan keperawatan dengan terapi 5 jari untuk mengurangi tingkat kecemasan pada individu. Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada 2 orang pasien yang berkunjung ke klinik dr. Bangun Dwi Laksana di Desa Kamulyan dengan diagnosa dokter psikosomatis. Evaluasi tanda dan gejala kecemasan menggunakan instrument (Depression Anxiety Stress Scale) DASS. Terapi 5 jari diberikan selama 40 menit setiap pertemuan, penelitian dilakukan selama 6 hari (6 x pertemuan). Hasil : Evaluasi terdapat penurunan tanda dan gejala kecemasan pada klien 1 sebesar 6 skor lebih besar daripada klien 2 yaitu sebesar 4 skor. Terjadi peningkatan kemampuan melakukan terapi 5 jari pada klien 1 dan klien 2 dengan nilai yang sama yaitu meningkat sebesar 4 kemampuan (80%). Rekomendasi : Studi kasus ini adalah untuk menerapkan terapi 5 jari untuk mengurangi kecemasan pada klien dengan psikosomatis gangguan kecemasan.

References

Aprianto, Dino., Sri Kristiyawati, Puguh., & Purnomo. (2014). Efektifitas Teknik Relaksasi Imajinasi Terbimbing Dan Nafas Dalam Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi. Jurnal Keperawatan.
Atkinson. (2007). Pengantar Psikologi Edisi Kesebelas jilid 2. Jakarta : Interaksara
Charny, Joseph. (2014). Psychosomatic Manifestations of Rapport in Psychotherapy.Psychosomatic Medicine. 305-315.
Data, Kharisma., Sriadi Pinilih, Sambodo., & Kamal, Sodiq. (2014). Efektifitas Deep Breathing Relaxation Terhadap Ansietas Mahasiswa Dalam Pra Pembelajaran Klinik Prodi DIII Keperawatan Universitas Muhammadiyah Magelang.
Hidayati, Eni., & Riwayati. (2015). Efektivitas Thought Stopping Terhadap Ansietas Klien Dengan HIV / AIDS Di Wilayah Kota Semarang. University Research Coloquium.
Hyman, Bruce M & Cherry Pedrik. (2011). Anxiety Disorders. Minneapolis: Lerner Publishing Group, Inc.
Kartono & Gulo. (2009). Kamus Psiklogi. Pionir Jaya. Bandung
Keliat, B.A dkk. (2011). Keperawatan Jiwa Komunitas CMHN (Basic Course). Jakarta : ECG.
Mahoney, Michael. (2007). Winning Hypnotherapy Program, http:www.Healthyaudio.co.ik
Munarsih. (2017). Pengaruh Terapi Relaksasi Distraksi Imajinasi Terbimbing Terhadap Nyeri Pada Anak Dengan Demam Thypoid.
Nanda. (2015). Diagnosis Keperawatan Definisi & Klasifikasi 2015-2017 Edisi 10 editor T Heather Herdman, Shigami Kaamitsuru. Jakarta : EGC
Wayan Eka Widyartini, Ni., Ketut Sri Diniari, Ni. (2016). Tingkat Ansietas Siswa Yang Akan Menghadapi Ujian Nasional Tahun 2016 Di SMA Negeri 3 Denpasar. Vol 5 No 6.
Riskesdas. (2018), Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Rizkiya, Kamilatur., PH, Livana., & Susanti, Yulia. (2017). Pengaruh Tehnik 5 Jari Terhadap Tingkat Ansietas Klien Dengan Gangguan Fisik Yang Dirawat Di RSU Kendal. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 1 (2).
Saseno., Giri Kriswoyo, Pramono., & Handoyo. (2013). Efektifitas Relaksasi Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Lansia Di Posyandu Lansia Adhi Yuswa RW. X Kelurahan Kramat Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan. Volume 9 (3).
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta
Sulistyaningsih. (2000). Psikologi Abnormal & Psikopatologi. Malang : STAIN Press.
Suliswati. (2005). Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Edisi 5. Jakarta : ECG
Suyanto. (2010). Pengaruh Relaksasi Otot Dalam Menurunkan Skor Kecemasan T-TMAS Mahasiswa Menjelang Ujian Akhir Program (UAP) di Akademi Keperawatan Notoksumo Yogyakarta.
Stuart, G.W (2007). Buku Saku Keperawatan Jiwa. Edisi 4. Jakarta : ECG
Wayan Eka Widyartini, Ni., Ketut Sri Diniari, Ni. (2016). Tingkat Ansietas Siswa Yang Akan Menghadapi Ujian Nasional Tahun 2016 di Denpasar. 5 Vol No. 6
Yuli Hastuti, Retno, & Arumsari, Ayu. (2015). Pengaruh Terapi Hipnotis Lima Jari untuk Menurunkan Kecemasan Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di STIKES Muhammadiyah Klaten, 10 (21).
Yusuf, Ah dkk. (2015). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika.

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Hanavy, B. A. N., & Agustin, I. M. (2019). Penerapan Terapi 5 Jari pada Pasien Psikosomatis untuk Mengurangi Kecemasan di Klinik dr. Bangun di Desa Kamulyan Kecamatan Tambak. Prosiding University Research Colloquium, 98–104. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/588