Hubungan Pola Asuh Orang Tua (Ibu) yang Bekerja dan Tidak Bekerja dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah di TK Aisyiyah III Kebumen

Authors

  • Wuri Utami STIKes Muhammadiyah Gombong
  • Dina Maulia STIKes Muhammadiyah Gombong
  • Hastin Ika Indriastuti STIKes Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Pola asuh, ibu bekerja, perkembangan psikososial

Abstract

Latar Belakang: Usia prasekolah merupakan masa dimana sering mengalami masalah perilaku akibat anak sedang dalam proses kepribadian yang unik dan menuntut kebebasan. Hal ini dapat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua (Ibu) baik yang bekerja dan tidak bekerja.Tujuan: Mengetahui hubungan pola asuh orang tua (Ibu) yang bekerja dan tidak bekerja dengan perkembangan psikososial anak usia prasekolah di TK Aisyiyah III Kebumen.Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. responden dalam penelitian ini adalah orang tua (Ibu) dan anak di TK Aisyiyah III Kebumen yaitu sebanyak 48 diambil menggunakan total sampling. pengumpilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji statistik Spearman Rank.Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian ini sebagian besar orang tua (Ibu) yang bekerja merupakan pola asuh demokratis yaitu sebanyak 12 (48%) responden, sedangkan untuk orang tua (Ibu) yang tidak bekerja menerapkan pola asuh demokratis yaitu sebanyak 17 (73,9%) responden. Dan sebagian besar anak yang memiliki perkembangan psikososial baik dari ibu yang bekerja yaitu sebanyak 11 (44%) responden, sedangkan perkembangan psikososial baik dari ibu yang tidak bekerja yaitu sebanyak 17 (73,9%) responden. Hasil dari analisa spearman rank dapat diketahui nilai p value adalah 0,000 .Kesimpulan: Ada hubungan pola asuh orang tua (Ibu) yang bekerja dan tidak bekerja dengan perkembangan psikososial anak usia prasekolah di TK Aisyiyah III Kebumen. Rekomendasi: Peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti perkembangan psikososial seperti stimulus, motivasi belajar, kelompok sebaya dan stres.

References

[1]Hidayat, A. A. A dan Uliyah, M. 2014. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. Edisi II. Jakarta: Salemba Medika.
[2]Jarot, W & Esther, S. (2016). Ayah Ibu Baik. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia
[3]Levia Wina, Yudiernawati, A & Maemunah, N. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di TK Muslimat Ar-Rohmah Gading Kembar Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Nursing News. Volume 1, Nomor 1, 2016. Malang: Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.
[4]Puspita, A., Suntari, N. L. P. L. dan Astriani, N. L. P. N. 2012. “Hubungan Pola Asuh Orang tua Dengan Kepercayaan Diri Pada Anak Prasekolah di TK IV Saraswati Denpasar”. Jurnal Universitas Udayana Denpasar.
[5]Ratna, Indriati & Uun, Puput. P. (2016). “Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Psikososial Anak Pra Sekolah Di TK Al-Abidin Banyuanyar Surakarta”. Kosala JIK. Vol. 4 No.2 September 2016
[6]Sapril, R.A., & Nurbaya, St. (2014). Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia 3-5 Tahun Di TK Islam Qalbin Salim Makassar. Journal Of Pediatric Nursing. Vol 1, pp 053-055.
[7]Santrock, JW. (2011). Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika.
[8]Septiari, B. B. (2012). Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua. Nuha Medika: Yogyakarta
[9]Soetjiningsih, C.H. (2014). Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada.
[10]Sopiah. (2014). Hubungan Tipe Pola Asuh Pengganti Ibu : Keluarga terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah di Kecamatan Sukalarang Kabupaten Sukabumi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
[11]Qistiana, Riska. (2016). Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah Di TK Pertiwi 1 Desa Purbowangi Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Skripsi. STIKES Muhammadiyah Gombong.
[12]Utami, R. B. (2012). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Tipe Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah di TK Aisyiyah II Nganjuk. Jurnal Kesehatan. Vol 2, No 1.
[13]Wuri Utami, Nurlaila & Qistiana, R. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah Di TK Pertiwi 1 Desa Purbowangi Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, Volume 13, No.1 Februari 2017. Kebumen: STIKES Muhammadiyah Gombong.

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Utami, W., Maulia, D., & Indriastuti, H. I. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua (Ibu) yang Bekerja dan Tidak Bekerja dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah di TK Aisyiyah III Kebumen. Prosiding University Research Colloquium, 80–87. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/586