Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Kemampuan Cuci Tangan pada Anak di TK Mekarsari Ambalresmi

Authors

  • Fitri Faijah STIKes Muhammadiyah Gombong
  • N Nurlaila STIKes Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Cuci tangan, metode bernyanyi, pendidikan kesehatan

Abstract

Latar Belakang : Mencuci tangan merupakan salah satu perilaku yang dapat mempengaruhi kondisi sehat seseorang. Untuk meningkatkan kemampuan cuci tangan pada anak dapat dilakukan dengan metode yang menarik melalui penerapan metode bernyanyi. Tujuan Penulisan : Menggambarkan asuhan keperawatan dengan penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan cuci tangan pada anak. Metode : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, desain deskriptif dengan metode atau pendekatan studi kasus (case studi). Jumlah responden 38, dengan usia diatas 3 tahun. Instrumen yang digunakan menggunakan lembar observasi enam langkah cuci tangan. Kemampuan cuci tangan pada anak diukur sebelum dan sesudah pemberian metode bernyanyi. Asuhan Keperawatan : Anak didik di TK Mekarsari Ambalresmi belum terbiasa melakukan cuci tangan dengan enam langkah, cuci tangan hanya asal tangannya basah. Kebiasaan cuci tangan yang dilakukan di TK tersebut belum dilakukan rutin setiap akan makan atau ketika istirahat. Tindakan metode bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan pada anak ini dilakukan satu kali selama 40 menit sebelum dan sesudah istirahat. Hasil evaluasi tindakan yaitu terjadi peningkatan kemampuan cuci tangan pada anak dari 5,26 % menjadi 86, 84 %. Kesimpulan : Penerapan metode bernyanyi terbukti dapat meningkatkan kemampuan cuci tangan pada anak. Rekomendasi : Diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan efektifitas metode bernyanyi untuk meningkatkan menggosok gigi pada anak.

References

Departemen Kesehatan Republik Indonesia.(2013). Biasakan cuci tangan pakai sabun pada 5 waktu kritis, (online), (http://www.depkes.go.id/index.php/berita/press-release/1694-biasakan-cuci-tangan-pkai-sabun-pada-waktu-kritis.html).
Depkes Kesehatan. (2010). Pedoman tatalaksana penyakit infeksi saluran pernafasan akut balita. Jakarta :Direktorat jenderal PPM dan PL.
De Porter, Bobbi.(2010). Quantum teaching : mempraktikkan quantum learning di ruang kelas. Bandung : Kaifa.
Diana, Fera.(2013). Penerapan metode bernyanyi dengan menggunakan alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak di kelompok B2 Taman Kank-kanak Aisyiyah II Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Skripsi. Bengkulu : Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Bengkulu
Fazlin, S.(2012). Tingkat pengetahuan siswa tentang teknik mencuci tangan yang benar terhadap kejadian diare di SDN 01 Pontianak Utara.Skripsi.Tidak diterbitkan.Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak.
Ismaniar.(2010). Metode-metode pengembangan perilaku hidup sehat anak usia dini. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2) : 36-41.
Iswara, P.P. (2013). Studi tentang kegiatan bernyanyi pada pembelajaran (Calistung) untuk anak usia dini di TK Sekolah Alam Bandung, Jurnal Jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Indonesia, 1(3): 1-9
Lestari, R. (2012). Nyanyian sebagai metode pendidikan karakter pada anak. Jurnal diterbitkan. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nida, Kania S. (2017). Pengaruh metode pembelajaran bernyanyi terhadap pelaksanaan cuci tangan pada anak usia prasekolah di RA Baiturrahim Cibeber Cimahi tahun 2017. Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi. Jurnal kesehatan kartika vol 2 (2).
Palancoi, Najamuddin.A. (2014). Hubungan antara pengetahuan dan lingkungan dengan kejadian diare akut pada anak di Kelurahan Pabbundukang Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Kesehatan, Volume VII (2).
Ponidjan, T. dkk. (2013). Hubungan antara perilaku cuci tangan pakai sabun dengan terjadinya diare pada anak usia sekolah di SD GMIM dua kecamatan Tareran. Ejournal Keperawatan (E-Kp), Volume 1(1): 1-8.
Pramono, dkk.(2011).Pengembangan permainan multimedia interaktif tentang perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa sekolah dasar. Pusat Humaniora, Kebijakan Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Samsuridjal D. (2009). Raih kembali kesehatan. Jakarta : PT Kompas media nusantara.
Sangkanparan, H. (2010). Keajaiban otak kanan : rahasia cara anak balita mempelajari benda, bahasa, dan manusia. Bandung : PT. Mizan Pustaka.
WHO. (2013). Guidelines on Hand Hygiene in Health Care. Library Cataloguing-in-Publication Data.
Yuliantantri, N. (2013). Pengaruh penerapan metode bernyanyi terhadap penguasaan kosakata bahasa inggris anak kelompok A di TK Ketintang Jaya Surabayaninda.Skripsi.Program Studi PG-Paud, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Faijah, F., & Nurlaila, N. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Kemampuan Cuci Tangan pada Anak di TK Mekarsari Ambalresmi. Prosiding University Research Colloquium, 8–13. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/576