IbM PEMBUATAN ADMINISTRASI TEKNIK TOKEN EKONOMI BAGI KELOMPOK GURU TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Dyah Siti Septiningsih
  • Nur’aeni Nur’aeni

Keywords:

administrasi, teknik token ekonomi, modifikasi perilaku

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk: 1) melatih penyusunan administrasi untuk pelaksanaan modifikasi perilaku dengan teknik token enomomi pada tahap persiapan, 2) melatih penyusunan administrasi untuk pelaksanaan modifikasi perilaku dengan teknik token enomomi pada tahap pelaksanaan, 3)  melatih penyusunan administrasi untuk pelaksanaan modifikasi perilaku dengan teknik token Enomomi pada tahap evaluasi.

Tim pelaksana melakukan kegiatan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada Guru-Guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kramat dan Guru-Guru TK Gugus Cut Mutia berjumlah 20. Kegiatannya adalah: 1) pendidikan tentang teori modifikasi perilaku, kemandirian, perhatian dan teknik token ekonomi, 2) pelatihan pembuatan administrasi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan teknik token ekonomi, 3) evaluyasi meliputi pre tes dan postes. Outputnya adalah peserta memiliki soft skill yaitu perubahan perilaku dari sebelum dan sesudah pelatihan berupa kesiapan para Guru TK untuk menerapkan Teknik Token Ekonomi lengkap dengan pengadministrasiannya.

Tim pelaksana menyimpulkani: 1) pengetahuan teoritis peserta kegiatan tentang teknik token ekonomi, kemandirian dan perhatian pada anak meningkat, 2) guru TK menyepakati untuk menggunakan teknik token ekonomi  dalam meningkatkan kemandirian dan perhatian pada anak didiknya, 3) guru TK memiliki motivasi untuk menyempurnakan pelaksanaan teknik ekonomi dengan membuat administrasi meliputi administrasi sebelum, saat pelaksanaan dan tahap akhir dari teknik ekonomi.

References

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja
Hurlock,E.B. 2014. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Rentang Kehidupan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya
Neila, E. 2013. Kekurangan Metode Token Economy. Diakses dari elisa 1.ugm.ac.id/files/neila_psi/zibFuhyy/Token%20Econom.doc. pada tanggal 10 Februari 2016.
Purwanta, E. 2012. Modifikasi Perilaku. Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Purwoko, B dan Endah, P.T. 2007. Pemahaman Individu Melalui Teknik Non Tes. Surabaya: Unesa University Press
Rahmawati, H. 2009. Modifikasi Perilaku. Malang : Al Izzah
Raymond, G. Miltenberger. (2003). Behaviour Modofication Principles and Procedures , Third Edition. New York: Wadsworth.
Santrock,J.W.2007. Life Span Development . Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Septiningsih, D. S., & Nur’aeni, N. (2019). IbM PEMBUATAN ADMINISTRASI TEKNIK TOKEN EKONOMI BAGI KELOMPOK GURU TAMAN KANAK-KANAK. Prosiding University Research Colloquium, 377–382. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/563