Profil Wisata Religi Gunung Tidar sebagai Pakuning Tanah Jawa (Studi Etnografi di Kota Magelang)

Authors

  • Cahyani Nurul Huda Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Arifatul Khusniyah Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Dewi Chotimatus Sholichah Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Agus Miswanto Universitas Muhammadiyah Magelang

Keywords:

Profil, Wisata Religi, Gunung Tidar

Abstract

Wisata religi bukan merupakan hal baru dalam dunia pariwisata. Wisata ini muncul dari kebiasaan masyarakat melakukan ziarah dan berwisata. Faktor agama dan kepercayaan yang mendominasi masyarakat untuk melakukan perjalanan jauh selama berhari-hari untuk mengikuti wisata religi. Gunung Tidar yang terletak di Kota Magelang merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dijadikan sebagai objek wisata religi. Gunung Tidar dikenal sebagai “Pakuning tanah jawa”. Gunung Tidar dengan ketinggian 503m diatas permukaan air laut ini adalah wisata yang masih asri karena merupakan hutan yang sebagian besar ditumbuhi oleh tumbuhan pinus. Selain itu di Gunung tidar ini terdapat bebrapa makam yang dianggap kramat oleh masyarakat. Makam tersebut adalah makam Kyai Semar, Kyai Sepanjang dan juga makam Syeh Subakir. Gunung Tidar ini tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan militer (AKMIL) sebagai kawah Candradimuka yang mencetak perwira pejuang sapta marga didirikan. Tingkat pengetahuan masyarakat mengenai sejarah dari Gunung tidar masih sangat rendah, ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian ini.

References

Ati, A. M., 2011. Pengelolaan Wisata Religi (Studi Kasus Makam Sultan Hadiwidjaya untuk Pengembangan Dakwah), Semarang: Fakultas Dakwah Isntitut Agama Islam Negeri Walisongo.
Faqih, A., 2014. Pergumulan Islam dan Budaya Jawa di Lereng Gunung Merbabu Persepktif Dakwah. Jurnal Ilmu Dakwah, pp. 24-40.
Hutapea, I., 2015. Wisata Salib Kasih (Studi Etnografi Mengenai Wisata Religi di Kecamatan Siatas Barita kabupaten Tapanuli Utara), Medan: Departemen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara.
Lasmiyati, 2011. Dongeng Anak Sebelum Tidur: Legenda Gunung Merapi dan Gunung Tidar di Kota Magelang (studi Tentang Komunikasi Pendidikan). Komunika, Vol.14( No. 2), pp. 31-38.
Miswanto, A., 2014. Dakwah Kultural Muhammadiyah: Studi terhadap Model Dakwah Muhammadiyah dalam Kegiatan Silaturahmi Keluarga besar Muhammadiyah di Kabupaten Magelang, Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.
UU NO. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Huda, C. N., Khusniyah, A., Sholichah, D. C., & Miswanto, A. (2019). Profil Wisata Religi Gunung Tidar sebagai Pakuning Tanah Jawa (Studi Etnografi di Kota Magelang). Prosiding University Research Colloquium, 343–347. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/556