Pengenalan Sifat Pribadi dalam Relasi Ibu Mertua dan Menantu yang Tinggal Serumah

Authors

  • R Rahmah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sri Lestari Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

pengenalan sifat pribadi, relasi ibu mertua dan menantu, penelitian kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan pemahaman pribadi dalam relasi ibu mertua dan menantu yang tinggal serumah. Informan dalam penelitian ini adalah 4 pasang ibu mertua dan menantu, yang tinggal serumah dan usia perkawinan menantu di bawah lima tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saling mengenal sifat dan karakteristik pribadi menjadi pondasi penting dalam membangun relasi antara ibu mertua dan menantu. Pengenalan tersebut memudahkan proses penyesuaian diri antara ibu mertua dengan menantunya yang tinggal serumah. Pasangan menantu ikut berperan dalam mendukung relasi ibu mertua dengan menantu yang terbentuk.

References

Adhikari, H. (2015). Limerence cusing conflict in relationship between mother-in law and daughter-in-law: a study on unhappiness in family relations and broken family. The International Journal of Indian Psychology , 92-103.
Andriyani, S.S & Widyayanti, N. (2015). Mertua perempuan dan keharmonisan keluarga. Jurnal Psikologi Mandiri 1(3). 1-11
Hadi, I.I. (2017). Pentingnya pengenalan tentang perbedaan individu anak dalam efektivitas pendidikan. INSPIRASI 1(1). 71-91.
Kertamuda, F. E. (2009). Konseling pernikahan untuk keluarga indonesia. Jakarta: Salemba Humanika.
Lestari, S. (2012). Psikologi keluarga. Jakarta: Prenadamedia Group
Noviasari, N. (2016). Hubungan psychological well-being dengan penyesuaian diri pada istri yang tinggal dirumah mertua. Jurnal Unika 5(1), 135-151.
Puspa, E. (2016, Maret 23). Glitzmedia.co. Retrieved from 5 Masalah yang Kerap Timbul Ketika Tinggal Satu Atap dengan Mertua: https://www.glitzmedia.co/post/5-masalah-yang-kerap-timbul-ketika-tinggal-satu-atap-dengan-mertua
Ramadhani, Y. (2017, September 28). Tirto.id. Diambil kembali dari Membongkar Ketegangan Antara Menantu Mertua Wanita: https://tirto.id/membongkar-ketegangan-antara-menantu-mertua-wanita-cxoQ
Santoso, R. (2017). Relasi antar kelembagaan desa dalam pembangunan insfratruktur di desa mayang pongkai kecamatan kampar kiri tengah kabupaten kampar tahun 2016. JOM FISIP 4(2). 1-12.
Sun, L.-C. (2015). Lingking maternal self-efficacy, mother and daughter-in-law relationship and role of husband in taiwanese families. The Journal of International Management Studies 10(1), 68-77.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Rahmah, R., & Lestari, S. (2019). Pengenalan Sifat Pribadi dalam Relasi Ibu Mertua dan Menantu yang Tinggal Serumah. Prosiding University Research Colloquium, 337–342. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/555