Video Blog sebagai Representasi Identitas Diri Youtuber

Authors

  • Fatkhur Fadarman Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fatkhur Rozi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Choirul Fadlillah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Keywords:

Representasi, Identitas, Youtube, Video Blog

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan video blog dan identitas diri terhadap representai identitas youtuber. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data melalui kuesioner atau angket dengan jumlah sampel sebanyak tiga puluh empat youtuber. Data diolah menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui sejauh mana pengaruh video blog dan identitas diri terhadap representasi identitas youtuber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan video blog tergolong dalam kategori baik ditinjau dari indicator khalayak, konteks dan media youtube. Identitas diri tergolong dalam kategori baik ditinjau dari indicator personal layer, enactment layer, relational dan communal. Representasi identitas tergolong dalam kategori cukup ditinjau dari indicator real life identity, pseudonymity dan anonimoty. Hasil penelitian dan uji hipotesis menunjukkan bahwa video blog dan identitas diri secara Bersama-sama berpengaruh terhadap representasi identitas youtuber. Secara parsial penggunaan video blog tidak berpengaruh secara signifikan terhadap representasi identitas yuoutuber sedangkan identitas diri berpengaruh secara signifikan terhadap representasi identitas youtuber.

References

Amin, O. L. (2015). Representasi Kecantikan Perempuan Pada Iklan Dove pada Versi "Real Beauty Sketches" di Situs Youtube. Jurnal Commonline Departemen Komunikasi, 04(01), 1-11.
Balqis, D. R. (2015). Video Blog sebagai medium presentasi diri anak muda. Electronic Theses and Dissertations.
Burges, J. a. (2009). Youtube : Digital Media and Society Series. Cambridge: Polity Press.
Littlejhon, S. W., & Karen A. Foss. (2014). Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.
Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber. Jakarta: Kencana.
Pratiwi, I. (2017). Motivasi Penggunaan dan Kepuasan Menonton Vlog. Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah UNS.
Setiawan, H. (2017). Representasi Identitas Dalam Media Sosial (Analisis Semiotika Identitas Presiden Joko Widodo Dalam Video Blog (Vlog) Kaesang Pilok #3, 4, Dan 22 Di Youtube). UMY Repository.
Soraya Fadal, L. N. (2012). Identifikasi Identitas Kaum Muda di Tengah Media Digital. Jurnal Al-Azhar Indonesia, 01(03), 176-200.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
http://beritagar.id/artikel-amp/gaya-hidup/karakteristik-akun-youtube-di-indonesia (diakses pada 29 Juni 2018)

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Fadarman, F., Rozi, F., & Fadlillah, C. (2019). Video Blog sebagai Representasi Identitas Diri Youtuber. Prosiding University Research Colloquium, 332–336. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/554