Analisis Tingkat Minat Masyarakat Sekitar Universitas Muhammadiyah Surakarta terhadap Program Jamal (Berbelanja-Beramal)

Authors

  • Asti Mediani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Khusna Furoida Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Naufal Alifian Mubarok Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Gaya Hidup, Berbelanja, Beramal

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat terlepas dari rasa saling keterikatan satu sama lain yang pada akhirnya saling memberi dampak, tidak terkecuali dalam gaya hidup. Gaya hidup yang berlebihan dapat memunculkan sifat konsumtif yang tidak terkontrol dan menjadikan seseorang hedonis. Masyarakat Indonesia yang dikenal dengan kearifan budi yang luhur sudah seharusnya dapat mengontrol keinginan dan lebih mengedepankan kebutuhan daripada nafsu untuk memenuhi gaya hidup. Sebab seorang hedonis seringkali hanya memikirkan keinginan pribadi tanpa peduli terhadap sekitarnya, yang akhirnya mematikan rasa simpati terhadap manusia lainnya. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Furqon ayat 67 untuk tidak berlebihan dan mengamalkan harta kita. Hal ini menjadikan landasan sebuah usulan program dimana masyarakat dapat berbelanja dan beramal dalam satu wadah dan satu waktu yaitu program JAMAL (Berbelanja-Beramal), yang nantinya dapat diakses secara online. Tujuan dari program ini adalah untuk menyeimbangkan jiwa sosial masyarakat dengan sifat konsumtif masyarakat, agar budi luhur dan kepekaan sosial masyarakat tetap terjaga, khusunya masyrakat sekitar Universitas Muhammadiyah Surakarta baik itu mahasiswa sebagai perantau, ataupun masyarakat asli setempat. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar minat masyarakat terhadap alternatif yang diajukan ini, yaitu mengenai usulan program JAMAL dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif.

References

Aderila, R. 2015. Hubungan Pemahaman Konsep Geosfer dalam Pembelajaran Geografi dengan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA Negeri Kota Jambi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Arieffy, S. dkk. 2008. Dugem : Gaya Hidup hedonis dikalangan Anak Muda. Jurnal Ilmiah Psikologi, 10, ISSN 0854-2880.
Azizah, R. (2016, Nov). Tren Preloved Online Shop : Ketika Barang Bekas Naik Kelas. Tren Shopping. Diunduh dari: www.femina.co.id tanggal 27 Juli 2018.
Fitria, T. N. 2017. Bisnis jual beli online (online shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(1), ISSN : 2477-6157.
Genu, W. (2017, Nov). Luna Maya, Raline Shah Jual Fashion Item Pribadi untuk donasi skala besar. Diunduh dari: www.fimela.com tanggal 27 Juli 2018.
Hamidi, & Rifa’i, M. 2016. Efektivitas Promosi Online dalam pengambilan keputusan oleh Konsumen. Naskah tidak dipublikasiskan. Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Malang.
Ishak, A. 2012. Analisis kepuasan pelanggan dalam belanja online : Sebuah studi tentang penyebab (Antecedents) dan konsekuensi (consequents). Jurnal Siasat Bisnis. 16(2). 141-154.
Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. 2015. Pengaruh promosi online dan presepsi harga terhadap keputusan pembelian (Survei pada pelanggan Angkasa Shop di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 21(1).
Komalasari, T. W. (2017, Mei). Tren Bayar Zakat Secara Online, Bagaimana Hukumnya?. Ekonomi. Diunduh dari: www.pikiran-rakyat.com tanggal 27 Juli 2018.
Kotler, P., & Amstrong, G. 1997. Principlis of Marketing (ed.3). Alih Bahasa : Sindoro dan Mulan. Jakarta : Prenhalindo.
Kushendrawati, S. M. 2006. Masyarakat Konsumen sebagai ciptaan kapitalisme global : Fenomena Budaya dalam realitas sosial. Makara, Sosial Humaniora 2(10). 49-57.
Maharani, S. D. Manusia sebagai Homo Economicus: Refleksi atas Kasus-Kasus Kejahatan di Indonesia. Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada.
Mujiyana, & Damerianata, S. 2009. Pengaruh pelaksanaan program periklanan melalui internet dan pemasaran melalui email terhadap pemrosesan informasi periklanan serta implikasinya terhadap keputusan pembelian pada PT. San Miguel Indonesia di wilayah Jakarta dan Bogor. Seminar Nasional Aplikasi Informasi, ISSN : 1907-5022.
Mungaran, A. S. (2016). Penasaran sama Arti Barang Preloved? Ini dia penjelasannya. Fashion Wanita. Diunduh dari: www.prelo.co.id tanggal 27 Juli 2018.
Rianton. 2013. Hubungan Antara Konformitas Kelompok Teman Sebaya dengan Gaya Hidup Hedonis pada Mahasiswa Kab. Dharmasraya di Yogyakarta. Naskah tidak dipublikasikan. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Salam, B. 2000. Etika Individual : Pola Dasar Filsafat Moral. Jakarta : Rineka Cipta.
Sarwono, S. W. 2003. Psikologi Remaja. Jakarta : Rajawali Press.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sumenge, M. M. 2013. Penipuan menggunakan Media Internet berupa Jual-Beli online. Lex Crimen, 3(4).
Suwindo. 2001. Komunikasi Anak Remaja Padang. Padang : PT. Padang Panjang.
Wisnuwardhani, L., Imam, S., & Sunarti. 2015. Upaya peningkatan penjualan baju bekas melalui media facebook (Studi pada Viee Second Kalla). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1).
Yuliawati, Y.,& Indri, F. S. 2017. Belanja Hedonis di Kalangan Mahasiswa. Naskah tidak dipublikasi. Fakultas Ekonvomi Uninus.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Mediani, A., Furoida, K., & Mubarok, N. A. (2019). Analisis Tingkat Minat Masyarakat Sekitar Universitas Muhammadiyah Surakarta terhadap Program Jamal (Berbelanja-Beramal). Prosiding University Research Colloquium, 318–324. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/552