Ketergantungan Game Online terhadap Perubahan Perilaku Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Indah Susilowati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Hafid Arrosyid Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Wahyu Ramadhanti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ratnasari Diah Utami Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Kriteria, Ketergantungan, Game Online, Perilaku

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kriteria peserta didik dikatakan kecanduan game online. Pendekatan penelitian yaitu kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, seorang siswa bisa dikatakan kecanduan game online, apabila menunjukkan sikap apatis, cuek, emosional, lupa waktu ibadah, kurang peduli dengan lingkungan sekitar, suka menunda-nunda kegiatan, susah dinasehati, mengelak kalau diberi tahu, dan rata-rata mereka atitude kurang baik, seperti mati rasa. Selain itu, hidupnya juga terikat dengan game online atau dengan kata lain mengalami ketergantungan, menarik diri atau antisosial, dan menjadi malas.

References

Griffiths, M, D. (2004). Demographic Factor and Playing Variable in Online Computer Gaming. Cyber Pychology and Behavior. 7(4).
Miftahul Jinan dan Ani Chistina. (2015). Awas Anak Kecanduan Games. Sidoarjo: Filla Press.
Moleong, Lexy. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setyosari, Punaji. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktinya. Jakarta: Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Susilowati, I., Arrosyid, H., Ramadhanti, W., & Utami, R. D. (2019). Ketergantungan Game Online terhadap Perubahan Perilaku Siswa Sekolah Dasar. Prosiding University Research Colloquium, 306–310. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/550