Optimalisasi Pemanfaatan Remitan untuk Pemberdayaan Lahan Pertanian di Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas

Authors

  • Sigid Sriwanto Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Esti Sarjanti Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keywords:

Remitan, Lahan pekarangan, sawah

Abstract

Studi yang bertujuan mengetahui pemanfaatan remitan untuk optimalisasi pemberdayaan lahan pertanian, sehingga dapat ditempuh suatu langkah investasi yang positif dalam pemanfaatan remitan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai dengan mengkombinasikan dua pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: setelah bekerja ke luar negeri sebagian migran memiliki tanah pekarangan, sawah atau tegalan sendiri. Mereka mengerjakan tanahnya sendiri, maka statusnya berubah dari buruh tani sebelum menjadi migran dan menjadi petani setelah bekerja di luar negeri. Begitu juga migran yang awalnya memiliki tanah sempit, setelah bekerja ke luar negeri dapat membeli tanah sawah atau tegalan, sehingga lahan pertaniannya bertambah luas. Selama lahan pertanian sempit dikerjakan sendiri, setelah bertambah luas, dikerjakan bersama tetangga sebagai buruh tani. Perubahan lapangan pekerjaan terjadi karena meningkatnya pendapatan dari migran TKW berupa remitan. Remitan yang dikirim oleh migran dimanfaatkan untuk membeli tanah pekarangan, sawah, dan tegalan. Perubahan lapangan pekerjaan migran TKW di daerah asal 56,6 persen remitannya dimanfaatkan untuk modal bertani.

References

Arikunto. Suharsimi 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. edisi revisi. cetakan 15. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
BNP2TKI, 2013. Data Penempatan TKI seluruh Indonesia. Bnp2tki.go.id
Bryman. 2006. Basics of Social Research. Qualitative and Quantitative. Thousand Oaks: Sage.
Connell, J.et al 1980. Migration from Ruras Areas, The Evidence from Village Studies.New Delhi: Oxford University Press.
Creswell, J.W dan Plano Clark, V.L. 2010. Designing and Conducting Mixed Methods Research. 2nd edition. Thosana Oaks, CA: Sage.
Curson, P. 1981. “Remittances and Migration the Commerce of Novement”. dalam Population Geography.
Lee, E. 2000. A Theory of Migration, Population Geography: a reader. New York: Demco. Mc Graw Hill.
Mantra, IB, Kasto, dan Keban. 1999. Mobilitas Tenaga Kerja Indonesia ke Malaysia. Yogyakarta: PPK-UGM.
Mantra, IB. 2000. Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Maslow, Abraham. 2006. On Dominace, Self Esteen and Self Actualization. Ann Kaplan: Maurice Basset.
Pigay, N. 2005. Migrasi Tenaga Kerja Internasional. Jakarta: Pustaka Sinar harapan.
Suharso. 1982. Transmigrasi: Ciri, Proses dan Aspirasinya: Sebuah Studi Kasus di Way Abung Lampung Utara.Jakarta: LEKNAS-LIPI.
Wawasan, 2012. Pengiriman Uang TKI 2011 naik. Purwokerto. Edisi 24 April 2012.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Sriwanto, S., & Sarjanti, E. (2019). Optimalisasi Pemanfaatan Remitan untuk Pemberdayaan Lahan Pertanian di Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas. Prosiding University Research Colloquium, 258–266. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/544