Pengembangan Pembuatan Pakan Ikan Berbahan Baku Lokal di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas

Authors

  • S Suwarsito Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Hindayati Mustafidah Hindayati Mustafidah
  • Ratna Kartikawati Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keywords:

Kelompok Tani, KKN PPM, pakan ikan berbahan baku lokal

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan pembuatan pakan ikan berbahan baku lokal di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan melalui Program KKN PPM selama 32 hari. Kelompok sasaran kegiatan pengabdian adalah Kelompok Tani Sri Mulya I. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat adalah sosialisasi program, pelatihan, praktik langsung, dan pembimbingan. Sosialisasi program dilakukan dengan tatap muka untuk menyampaikan program pengabdian kepada kelompok sasaran. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan sistem perkuliahan dilanjutkan dengan praktik langsung pembuatan pakan ikan. Pembimbingan dilakukan dengan membimbing dan mendampingi kelompok sasaran pada saat praktik pembuatan pakan ikan berbahan baku lokal. Hasil kegiatan telah dapat mengembangkan pembuatan pakan ikan dengan memanfaatkan bahan baku lokal yaitu keong mas, organ dalam (jeroan) ikan lele, kepala dan tulang ikan lele, daun apon-apon, daun pepaya, dedak, dan ampas tahu. Kandungan nutrisi pakan ikan yang dihasilkan adalah protein 21,8%, lemak 16,8% dan serat kasar 9,6%.

References

Dewi, F.S. 2014. Pemanfaatan Tepung Keong Mas (Pomacea canaliculata) sebagai Substitusi Tepung Ikan Pada Pakan Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) Terhadap Nilai Kecernaan Serat Kasar dan Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen (BETN). [Skripsi]. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga, Surabaya
Ghufran, M.H dan Kordi, K. 2010. Pakan Udang: Nutrisi, Formulasi, Pembuatan, Pemberian. Agromedia Pustaka. Jakarta.
Mudjiman, A. 2007. Makanan Ikan. Penebar Swadaya. Jakarta
Mustafidah, H. dan Suwarsito. 2010. Expert System with Backward Chaining Method to
Determine Fish Feed Formulation and the Content of Its Nutrients. P: 35 – 41. The International Conference on Computer and Mathematical Sciences held on Yogyakarta, 29th June 2010.
Sambas, Z. 2010. Manajemen Pakan Ikan. http://zaldibiaksambas.wordpress.com/ 2010/06/20/ manajemen-pakan-ikan/. Diakses 5 April 2013.
Sandjojo, H., H. Hasan, dan E. Dewantoro. 2014. Pemanfaatan Tepung Keong Mas (Pomacea canalicunata) Sebagai Bahan Subsitusi Tepung Ikan Dalam Pakan Terhadap Keragaan Pertumbuhan Ikan Nila GIFT (Oreochromis niloticus). Jurnal Ruaya Vol. 1 (1): 61 – 70Suwarsito dan H. Mustafidah. 2014a. Sistem Penentuan Formulasi dan Harga Pakan Ikan Menggunakan Sistem Pakar Fuzzy Berbasis Web. Laporan Penelitian Hibah Bersaing DIKTI.
Suwarsito dan H. Mustafidah. 2014b. Sistem pakar untuk menyusun formula, kandungan gizi, dan harga pakan ikan. JUITA Vol III No 2, November 2014.
Suwarsito dan H. Mustafidah. 2014c. Penentuan kebutuhan gizi ikan berdasarkan jenis dan umur menggunakan sistem pakar. Prosiding Nasional Seminar Nasional Teknik 2014, yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Halaman 183 - 190.
Suwarsito dan H. Mustafidah, 2014d. Pengembangan Industri Mina Terintegrasi di Desa Adiarsa, Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga. Prosiding Nasional Seminar Nasional Hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat yang diselenggarakan oleh LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Suwarsito. 2015. Pemanfaatan Ampas Tahu Untuk Bahan Pakan Ikan Lele Dumbo. Laporan penelitian belum dipublikasikan.
Yudhitstira, S., Iskandar, dan Y. Andriani. 2015. Pengaruh Penggunaan Fermentasi Daun Apu-Apu (Pistia stratiotes) Fermentasi Dalam Pakan Terhadap Pertumbuhan Harian Dan Rasio Konversi Pakan Benih Ikan Nilem. Jurnal Akuatika Volume VI (2): 118 – 127.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Suwarsito, S., Mustafidah, H., & Kartikawati, R. (2019). Pengembangan Pembuatan Pakan Ikan Berbahan Baku Lokal di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Prosiding University Research Colloquium, 244–248. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/541