Peranan Perguruan Tinggi dalam Mendukung Pengembangan Perbankan Syariah di Kabupaten Purbalingga Propinsi Jawa Tengah

Authors

  • Astika Nurul Hidayah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Susilo Wardani Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keywords:

Peranan, Perguruan Tinggi, Pengembangan, Perbankan Syariah

Abstract

Sistem perbankan syariah menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat dalam menginvestasikan atau sekedar menyimpan dana yang dimiliki. Hal ini didasarkan pada kokohnya sistem perbankan syariah dalam masa krisis moneter di tahun 1998 yang mana banyak perbankan konvensional yang tidak dapat bertahan dan mengalami kegoncangan namun tidak demikian halnya dengan perbankan syariah. Berdasarkan hasil penelitian, Kabupaten Purbalingga yang merupakan kawasan Propinsi Jawa Tengah bagian selatan ternyata memiliki tingkat perkembangan bank syariah yang paling rendah diantara 2 (dua) kabupaten sekitar yang memiliki tingkat perekonomian yang sepadan. Hal ini tentunya menimbulkan pertanyaan karena Kabupaten Purbalingga sangat terbuka terhadap investor asing maupun lokal yang ada sehingga banyak terdapat usaha yang mendorong berkembangnya perekonomian masyarakatnya. Selain itu, di sekitar Kabupaten Purbalingga banyak terdapat perguruan tinggi yang notabene memiliki tugas dan tanggung jawab untuk turut mengembangkan dan menyebarkan pengetahuan bagi masyarakat di sekelilingnya. Terkait hal tersebut, maka perlu dilakukan analisis mengenai bagaimana peranan perguruan tinggi dalam mendukung pengembangan perbankan syariah di Kabupaten Purbalingga Propinsi Jawa Tengah.

References

Ali, Zainudin. (2008). Hukum Perbankan Syariah. Jakarta: Sinar Grafika. Al-Maududi, SAA. (2003). Berbicara tentang Bunga dan Riba, alih bahasa Isnando, Jakarta: Pustaka Qalami. Anshori, Abdul Ghofur. (2007). Perbankan Syariah di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Antonio Sjafi’i, (2001). Bank Syariah dari Teori ke Praktik, Jakarta: Gema Insani Pers. cetakan 1. Hadi, ASA. (1993). Bunga Bank dalam Islam, alih bahasa M. Thalib. Surabaya: Al Ikhlas.
Hamid, Arfin. (2006). Membumikan Ekonomi Syariah di Indonesia (Perspektif Sosioyuridis). Jakarta: eLSAS.
Muhammad. (2002). Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN. Pertaatmaja, KA. & Antonio, MS. (1992). Apa dan Bagaimana Bank Islam. Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf.
Angkawijaya, Y.F. (2017). Peran Perguruan Tinggi sebagai Agen Perubahan Moral Bangsa (Studi Kasus Peran konsep Diri terhadap Karakter Mulia pada Mahasiswa di Universitas X Surabaya). Widyakala. 4 (1).
Hidayah, AN. (2016). Peranan Bank Syariah dalam Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat tentang Kemanfaatan dan Jasa Perbankan Syariah. Jurnal Kosmik Hukum. 16 (1).
Nawatmi, S. (2010). Pandangan Islam Terhadap Bunga. Dinamika Keuangan dan Perbankan. 2 (1).

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Hidayah, A. N., & Wardani, S. (2019). Peranan Perguruan Tinggi dalam Mendukung Pengembangan Perbankan Syariah di Kabupaten Purbalingga Propinsi Jawa Tengah. Prosiding University Research Colloquium, 238–243. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/540