Pengaturan Ulang Tata Letak Fasilitas Pabrik untuk Meningkatkan Produktivitas (Kasus PT ASA)

Authors

  • Sri Padmantyo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Fitri Nursavilla Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mita Adya Ningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

pengaturan ulang, tata letak fasilitas pabrik, produktivitas

Abstract

Bagi sebuah perusahaan, keuntungan merupakan tujuan utama. Maka, faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap tujuan perusahaan tersebut menjadi wajib untuk dipelajari. Untuk dapat mencapai keuntungan secara optimal, salah satu cara yang ditempuh oleh beberapa perusahaan diantaranya dengan meningkatkan produktivitas perusahaan. Tulisan yang merupakan hasil survey lapangan ini, bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas perusahaan, salah satunya adalah mengenai perencanaan letak fasilitas pabrik yang diterapkan oleh setiap perusahaan. Secara umum perencanaan letak fasilitas pabrik adalah aktivitas perencanaan untuk membuat pengaturan yang optimum dari semua fasilitas produksi, perencanaan letak fasilitas yang baik akan memberikan dampak yang positif bagi proses produksi suatu perusahaan, sehingga produktivitas perusahaan tersebut dapat meningkat dan keuntungan dapat diperoleh secara optimal.

References

Arifin, Z. (2016). Rancang Ulang Tata Letak Fasilitas Dengan Pendekatan Group Technology Untuk Meminimasi Jarak Dan Waktu Penanganan Aliran Material Di PT. XYZ. Profisiensi 4 (2): 123–31.
Arisandra, M. L. (2016). Penetapan Standar Waktu Proses Dalam Meningkatkan Efektifitas Dan Efisiensi Pada Perusahaan Batik Tulis Rusdi Desa Sumurgung Kecamatan Tuban – Tuban. Ekonika 1 (2): 103–16.
Atikah, & Nindri, G. A. (2015). Alternatif Perbaikan Tata Letak Lantai Produksi PT. Japfa Comfeed Indonesia Dengan Metode Systemic Layout Planning (SPL). Jurnal Teknik Mercu Buana, 217–26.
Danasari, I. F., Suparmin, & Usman, A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Pada Agroindustri Roti Di Kota Mataram. Jurnal Agroteksos 25: 204–9.
Habibi, H, Afma V. M., & Arifin, Z. (2015). Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi Dengan Menggunakan Metode Diagram Alir Bersegitiga Untuk Meminimasi Jarak Material Handling Di PT. AT Oceanic Offshore. Profisiensi 3 (2): 127–37.
Indra, H. (2016). Pengaplikasian Analisis Layout Dan BEP Pada Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 4 (2).
Marina, A. (2017). Analisis Layout Kantor Pada PT. Gunung Selatan Lestari Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini 8 (3): 45–52.
Putri, Y. M., & Kurnia. (2016). Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Profitabilitas Dan Produktivitas Perusahaan Dalam Indeks LQ45. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi 5 (3): 1–16.
Richard, J. (2016). Perbaikan Tata Letak Fasilitas Di PT Aweco Indosteel Perkasa Gempol, Pasuruan. Jurnal Titra 4 (1): 91–98.
Siswanto, B. I. (2015). Pengaruh Pelaksanaan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT.Pembangunan Perumahan Tbk Cabang Kalimantan Di Balikpapan. eJournal Administrasi Bisnis 3 (1): 68–82.
Sulaeman, A. (2014). Pengaruh Upah Dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerajinan Ukiran Kabupaten Sub. Trikonomika 13 (1): 91–100.
Talimbo, I. P., Tjakra J., & Prastatis P. A. K.. (2016). Produktivitas Tenaga Kerja Pada Pekerjaan Beton Bertulang (Studi Kasus: Pembangunan Gedung Ruang Kantor Dan Ruang Kelas Yayasan Eben Heazer Jalan 14 Februari Teling Atas, Manado). Jurnal Sipil Statik 4 (10): 606–7.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Padmantyo, S., Nursavilla, F., & Ningsih, M. A. (2019). Pengaturan Ulang Tata Letak Fasilitas Pabrik untuk Meningkatkan Produktivitas (Kasus PT ASA). Prosiding University Research Colloquium, 13–18. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/510