Analisis Pendapatan Asli Desa (PaDes), Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), dan Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi (BHPR) terhadap Belanja Modal Desa di Kabupaten Wonogiri Tahun 2017

Authors

  • Heppy Purbasari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dewita Puspawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Susi Lestari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ketut Pratiwi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Pendapatan Asli Desa (PADes), Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Bagi Hasil Pajak dan Retribusi (BHPR), Belanja Modal Desa

Abstract

Undang-Undang (UU) No. 6 tahun 2014 tentang Desa merupakan tonggak baru dalam reformasi desa. Dengan diberlakukannya UU No.6 tahun 2014 diharapkan masyarakat desa lebih dapat mencapai kemandirian desa. Penelitian ini memiliki tujuan khusus bahwa UU No.6 baru dijalankan, maka peneliti ingin menggali lebih dalam mengenai APBDesa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Desa yang ada di Kabupaten Wonogiri, sedangkan purposive sampling digunakan sebagai metode sampel dengan sampel yang digunakan adalah Desa yang ada di Kabupaten Wonogiri pada tahun 2016. Berdasarkan kriteria yang diajukan peneliti, sampel yang diperoleh sebesar 231 Desa. Sampel yang diperoleh kemudian di olah dengan menggunakan analisis regresi berganda, dari hasil pengujian regresi berganda diperoleh hasil bahwa hanya PADes dan ADD yang dapat berpengaruh terhadap Belanja Modal Desa. Sedangkan Dana Desa dan Bagi Hasil Pajak dan Retribusi terbukti tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Belanja Modal Desa.

References

Bahrudin, Agus. 2015. “Pola Hubungan Pemerintah Desa Dan Parlemen Desa Menuju Good Governance”. ISSN: 2302-2752, Volume 4 No. 3 Tahun 2015
Handayani, Dwi dan Elva Nuraina. 2012. Pengaruh Pajak Daerah dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Alokasi Belanja Daerah di Kabupaten Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, Vol 1 No1 Oktober 2012.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa.
Sularno, Fitria Mwgawati. 2013. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal Studi Kasus Pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat. Google Schoolar.
Tuasikal, Askam. 2008. Pengaruh DAU, DAK, PAD dan PDRB Terhadap Belanja Modal Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia. Jurnal Telaah & Riset Akuntansi Vol 1 No 2 Juli 2008. Hal 142-155.
Ummu Habibah, ADB Bawono, 2017. Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Desa (PADesa), Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan Bagi Hasil Pajak dan Retribusi terhadap Belanja Desa bidang Pendidikan (Studi Empiris di desa-desa se-Kabupaten Sukoharjo).
Undang-Undang Republik Indonesia No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.
Yuni Eka Putri, ADB Bawono, 2017. Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Desa (PADesa), Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan Bagi Hasil Pajak dan Retribusi terhadap Belanja Desa bidang Kesehatan (Studi Empiris di desa-desa se-Kabupaten Sukoharjo).

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Purbasari, H., Puspawati, D., Lestari, S., & Pratiwi, K. (2019). Analisis Pendapatan Asli Desa (PaDes), Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), dan Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi (BHPR) terhadap Belanja Modal Desa di Kabupaten Wonogiri Tahun 2017. Prosiding University Research Colloquium, 487–492. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/474