Prototipe Model Pengembangan Diri berbasis Participatory Multiple Intelligences sebagai Penguatan Karakter dan Literasi Siswa

Authors

  • Khabib Sholeh Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • S Sukirno Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Mohammad Fakhrudin Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi kebutuhan dan prototipe model pendidikan pengembangan diri berbasis participatory multiple intelligences (parmi) untuk penguatan nilai karakter dan literasi siswa. Desain penelitian dirancang melalui pendekatan research and development (The R, & D model dari Plomp, 1997) dengan subjek siswa dan guru di SMA 5, SMA 7, dan SMA 1 Purworejo. Pengembangan model dilakukan melalui tahap deskriptif dan evaluatif. Penelitian diawali dengan tahap preliminary investigation research and design, yaitu penelitian pendahuluan untuk mengetahui masalah yang muncul di lapangan berkaitan dengan pendidikan pengembangan diri yang telah dilakukan di sekolah. Penelitian tahun pertama dari waktu dua tahun yang direncanakan menghasilkan prototipe model pengembangan diri di SMA dan pengaruhnya terhadap penguatan nilai-nilai karakter dan literasi siswa. Hasil penelitian ini adalah pendidikan pengembangan diri memerlukan model dan materi ajar yang banyak melibatkan aktivitas dan mengkonstruksi pengalaman. Berpedoman pada teori model pembelajaran, ditetapkan prototipe model parmi dalam pendidikan pengembangan diri yang khas yaitu memadukan model pendidikan dalam tim dan individu, menyampaikan masalah melalui pengalaman, dan belajar terbuka.

References

Borg, W. R. dan Gall Merideth Daniel. 2003. Educational Research: An Introduction, Sevent Edition. New York: Longman Inc.
Galeman, D. 1988. “New Scale of Intelligence Rank Talent for Living”. Sciene Time. New York: Times.
Gardner, Howard. 2003. Multiple Intelligences: The Theory in Practic. (Terjemahan Alexander Sindoro) New York. (Buku asli diterbitkan tahun 1983)
Nurhadi, Rofiq. 2014. ”Dialektika Inklusivisme dan Eksklusivisme Islam (Kajian Semantik terhadap Tafsir al-Qur’an tentang Hubungan Antaragama)”. Kawistara (Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora) Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Gadjah Mada. Vol: 3 /Nomor:1/ April/ 2014.
Sholeh, Khabib.2016. ”Analisis Tindak Tutur Dalam Cerpen Burung Luri Karya Aryanti Sebagai Upaya Pebentukan Karakter Bangsa” Jurnal Pendidikan Surya Edukasi Vol 2 No.1 Juni 2016. Halaman: 58-87.
Sholeh, Khabib. 2017.” Nilai Pendidikan Akhlak pada Film Rumah Tanpa Cendela Karya Aditya Gumay dan Skenario Pembelajarannya dalam Pembelajaran Drama di Kelas XI SMA”. Seminar Nasional. Universitas Muhammadiyah Semarang.
Sutrianto, Nilam Rahmawan, Samsul Hadi, dan Heri Fitriono. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMA. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Joyce, B., Weil, M. dan Calhoun, E. 2009. Models of Teaching. Model-Model Pengajaran. Edisi kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Sholeh, K., Sukirno, S., & Fakhrudin, M. (2019). Prototipe Model Pengembangan Diri berbasis Participatory Multiple Intelligences sebagai Penguatan Karakter dan Literasi Siswa. Prosiding University Research Colloquium, 466–476. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/472