Efektivitas Komunikasi Pendidikan dalam Doing Project

Authors

  • Muhammad Rohim Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Khairul Syafuddin Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

doing project, kualitatif, studi kasus, efektifitas komunikasi

Abstract

Doing Project merupakan kegiatan workshop tentang dongeng serta belajar bersama anak-anak melalui metode mendongeng sehingga mudah dipahami oleh mereka. Proyek tersebut dilakukan secara berkeliling di panti asuhan wilayah Surakarta. Tujuan penelitian ini untuk melihat efektivitas komunikasi pendidikan dalam Doing Project. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis proses komunikasi yang dilakukan oleh pendongeng melalui observasi yang selanjutnya diperkuat dengan hasil wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, peneliti membagi efektifitas komunikasi yang dilakukan Doing Project menjadi lima bagian, yaitu efektifitas istilah, kespesifikkan, penyusunan, keakuratan, dan keefisienan. Peneliti melihat bahwa Doing Project sangat efektif dilakukan dalam proses komunikasi pendidikan kepada anak. Hal ini dilihat berdasarkan kelima bagian efektifitas komunikasi tersebut yang dapat terpenuhi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui Doing Project pesan moral dan pendidikan yang ingin disampaikan kepada anak-anak lebih mudah dipahami.

References

Hapsari, C Melinda. (2013). Efektivitas Komunikasi Media Booklet “Anak Alami” Sebagai Media Penyampai Pesan Gentle Birthing Service. Jurnal E-Komunikasi, 1(3).265-275.
Harsono, Beni, Soesanto, & Samsudi. (2009). Perbedaan hasil belajar antara metode ceramah konvensional dengan ceramah berbantuan media animasi pada pembelajaran kompetensi perakitan dan pemasangan sistem rem. Jurnal PTM, 9(2).71-79.
Nurrohim Hassa, Anatan Lina. (2009). Efektivitas Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal Manejemen, 7(1). 1-9.
Hardjana, Andre.(2000). Audit komunikasi: teori dan praktek. Jakarta: Grasindo.
Pujileksono, Sugeng.(2015). Metode Peneltian Komunikasi. Malang: Kelompok Intrans Publishing.
Doing project ( 2018, April). Instagram. Diunduh dari:
https://www.instagram.com/doingproject/
Inilah Hasil Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015. (2016, Januari). Diunduh dari : http://www.sekolahdasar.net/2016/01/inilah-hasil-uji-kompetensi-guru-ukg.html
Rahmadani, Syahri. ( 2012, Desember). Efektivitas Komunikasi. Diunduh dari:
http://digitalmodern.blogspot.com/2012/12/efektivitas-komunikasi.html
Yunus, Syarifudin. (2017, November). Mengkritisi Kompetensi Guru. Diunduh dari:
https://news.detik.com/kolom/3741162/mengkritisi-kompetensi-guru

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Rohim, M., & Syafuddin, K. (2019). Efektivitas Komunikasi Pendidikan dalam Doing Project. Prosiding University Research Colloquium, 430–435. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/467