Peningkatan Mutu SMK Muhammadiyah 1 Cilacap melalui Program Penyuluhan dan Pembinaan

Authors

  • T Tumisem Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Cahyono Purbomartono Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keywords:

mutu SMK, kreatif, produktif, inovatif

Abstract

Pada saat ini diperlukan adanya dukungan manajemen yang efektif dan efesien dalam organisasi pendidikan, karena semakin besarnya perhatian dan pengakuan dari berbagai pihak. Peserta didik perlu dibangun mentalitasnya sehingga mampu berpikir kreatif dan mampu mengembangkan minat serta bakatnya untuk mampu bersaing didunia kerja dan bisa bekerja secara professional dan berdedikasi yang tinggi terhadap profesinya. Sekolah harus mampu menampung aspirasi masyarakat dan dunia kerja untuk dapat diterima dan diminati oleh konsumen pendidikan, sehingga sekolah benar-benar menerapkan manajemen yang efektif untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan dapat dirasakan oleh konsumen pendidikan tersebut. Untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas harus ada pelayanan yang terus menerus yang senantiasa menjaga standar mutunya dan tetunya adanya kerjasama pihak internal dan eksternal sekolah yang terus-menerus dibina dan dilakukan secara baik serta terencana. Berdasarkan deskripsi tersebut maka dilakukan penyuluhan dan pembinaan peningkatan mutu SMK Muhammadiyah 1. Metode yang digunakan dalam kegitan ini yaitu: Metode yang digunakan dalam penerapan Ipteks ini adalah metode partisipasi langsung (PLA) yang di dalamnya mencakup: penyuluhan dan pembelajaran, pembinaan peningkatan mutu perencanaan pendidikan serta praktek langsung dalam program manajemen.

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.
Djojonegoro, Wardiman. 2015. Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui SMK. Jakarta: Balai Pustaka.
Edy Supriyadi dan Hartoyo.Peningkatan Kualitas Kerjasama Antara Jurusan Pendidikan.
Sa’ud dan Makmun. 2016. Perencanaan Pendidikan: Suatu PendekatanKomprehensif. Bandung: UPI-Rosdakarya.
Thabrany, H. 2017. Rahasia Kunci Sukses Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
The Liang Gie. 2017. Cara Belajar Yang Efisisen. Yogyakarya: Liberty.
Slameto. 2016. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.
Depdikbud. 2015. Sinkronisasi Program Pendidikan dan Pelatihan PSG Modul. Jakarta: Dikdasmen Dikmenjur.
Depdiknas. 2012. Pedoman Penyelenggaraan Pedoman Kecakapan Hidup (Life Skill) Pendidikan Non Formal. Jakarta: Dirjen Diklusepa.
Miraza, Bachtiar Hassan. 2015. Perencanaan Dan Pengembangan Wilayah. Bandung: ISEI.
Fauziah. 2009. Analisis Kualitas Pendidikan Life Skills Lulusan SMK Program Pendidikan Sistem Ganda Dalam Pengembangan Wilayah di Kabupaten Aceh Selatan – Provinsi Aceh. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Singh A. 2015. Telecommunications System & Internet Communications. Journal Of Information Technology And Libraries.
Tanenbaum. 2016. Computer Networks. AS: Prentise Hall.
Sumitro, dkk. 2006 . Pengantar Ilmu Pendidikan . Yogyakarta : FMIPA UNY
Rozali Ritonga . 2006 . Menyongsong Kurikulum Pendidikan 2009/2010 . Jakarta : Tempo Interaktif
Naniek Setijadi . 2004 . Tantangan Profesionalisme Guru Masa Depan . Jakarta : Tempo Interaktif http://www.kompascom/– selasa, 17 Oktober 2006.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Tumisem, T., & Purbomartono, C. (2019). Peningkatan Mutu SMK Muhammadiyah 1 Cilacap melalui Program Penyuluhan dan Pembinaan. Prosiding University Research Colloquium, 342–347. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/453