IbM Penyusunan Kreatifitas Gerak dan Lagu Kupu-Kupu Bagi Guru PAUD/TK Muhammadiyah Se-Karesidenan Banyumas melalui Metode Eksplorasi Gerak

Authors

  • Okto Wijayanti Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Lia Mareza Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Agung Nugroho Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keywords:

Kreatifitas Gerak dan Lagu, Kupu-Kupu, Guru PAUD/TK, Karesidenan Banyumas

Abstract

Pengabdian Masyarakat dalam bentuk pelatihan penyusunan kreatifitas gerak dan lagu Kupu- Kupu didasarkan atas analisis kurangnya keterampilan, kreatifitas dan kemampuan guru dalam menyusun gerak lagu yang telah dilombakan pada Pekan Seni dan Olahraga pelajar Muhammadiyah Se-Eks Kariesidenan Banyumas tahun 2017 dengan peserta tangkai lomba gerak dan lagu untuk siswa PAUD/TK kurang dari 10% dari jumlah PAUD/TK Muhammadiyah yang ada di wilayah Karesidenan Banyumas. Menilik hal tersebut, perlu diadakannya sebuah pelatihan penyusunan kreatifitas gerak dan lagu bagi guru PAUD/TK Muhammadiyah Se-Eks Karesidenan Bnayumas. Metode pendekatan untuk mendukung realisasi program Pengabdian bagi Masyarakat dalam wujud Ipteks ini diwujudkan dalam sebuah bentuk pelatihan penyusunan kreatifitas gerak lagu Kupu-Kupu untuk TK Se eks Karesidenan Banyumas dengan metode eksplorasi gerak. Pelatihan ini diperuntukkan bagi guru PAUD/TK Muhammadiyah se Eks Karesidenan. Kegiatan pelatihan ini melibatkan dosen, guru, siswa, dan mahasiswa PGSD UMP. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan, pengalaman guru untuk mengasah kreatifitas dalam menyusun gerak dan lagu. Metode pelaksanaan yang mendukung program pengabdian ini menggunakan metode eksplorasi gerak, praktek menirukan, ceramah, dan diskusi serta evaluasi. Partisipasi mitra dalam Pelaksanaan pelatihan ini yaitu terlibat dalam mempersiapkan kostum property, dan make up tari untuk pendokumentasian sebagai media pembelajaran di TK Se-Eks Karesidenan Banyumas. Usai pelatihan, guru dapat mentransfer ilmu pengetahuan dan ketrampilan menyusun gerak lagu kepada siswa TK.

References

Caturwati, Endang. (2008). Tradisi sebagai Tumpuan Kreatifitas Seni. Bandung: Sunan Ambu STSI Press.
Delphie, Bandi. 2005. Program Pembelajaran Individual Berbasis Gerak Irama. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.
Hidayat, Robby. 2005.Wawasan Seni Tari : Pengetahuan Praktis Bagi Guru Seni Tari. Malang : Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Martono, Hendro. 2008. Sekelumit Ruang Pentas (Tradisi dan Modern). Yogyakarta: Cipta Media.
Murgiyanto, Sal. 1981. Seni Menata Tari. Yogyakarta : IKALASTI.
Mustari, Mohamad. 2004. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Raja Grafindo
Persada: Jakarta.
Smith, Jacqueline. Komposisi Tari Sebuah Petunjuk Praktis Bagi Guru (terj Ben
Suharto). 1985. Yogyakarta : IKALASTI.
Widhianawati, Nana. 2011. Jurnal UPI . Pengaruh Pembelajaran Gerak dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. UPI Bandung.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Wijayanti, O., Mareza, L., & Nugroho, A. (2019). IbM Penyusunan Kreatifitas Gerak dan Lagu Kupu-Kupu Bagi Guru PAUD/TK Muhammadiyah Se-Karesidenan Banyumas melalui Metode Eksplorasi Gerak. Prosiding University Research Colloquium, 325–328. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/450