Urgensi Pendidikan Multikultural sebagai Wadah Strategis untuk Menanamkan Karakter Toleransi di Sekolah Dasar

Authors

  • Vera Yuli Erviana Universitas Ahmad Dahlan
  • Laila Fatmawati Universitas Ahmad Dahlan

Keywords:

pendidikan multikultural, karakter toleransi, sekolah dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan urgensi pendidikan multikultural sebagai wadah strategis untuk menanamkan karakter toleransi di sekolah dasar. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas atas maupun bawah dari 6 SD di 3 kabupaten di Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) karakter toleransi mulai luntur pada anak sekolah dasar yang terlihat pada kurang menghormati ketika teman lainnya sedang beribadah; 2) pemahaman siswa dan guru tentang pendidikan multikultural masih sangat minim yang terlihat dari responden yang tidak memahami penjelasan terkait pendidikan multikultural padahal pendidikan multikultural adalah wadah strategis untuk mengembangkan karakter toleransi. Oleh karena itu, pendidikan multikultural dianggap urgen untuk dikenalkan ke siswa dan guru sehingga diharapkan karakter toleransi akan berkembang pula.

References

Haris, A. (2010, Desember 9). Wordpress. Retrieved from Metode dan Pendekatan Pendidikan Multikultural: http://andiplampang.wordpress.com
Jan Bamford, Y. D. (2015). I'ill do this no matter if I have to flight the world!' Resilience as a learning outcome in Urban Universities. Journal for Multicultural Education, Volume 9 Isuue 3, 140-158.
Rustam, I. (2013). Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. ADDIN, Vol 7 No 1, 129-154.
Sudrajat. (2015). Revitalisasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran. Jurnal pembangunan pendidikan Fondasi dan Aplikasi, Volume 2 Nomor 1, 82-90.
Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Berwawasan Kearifan LokalJurnal. Jurnal Pendidikan Karakter, Volume 1 Nomor 1, 1-13.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Erviana, V. Y., & Fatmawati, L. (2019). Urgensi Pendidikan Multikultural sebagai Wadah Strategis untuk Menanamkan Karakter Toleransi di Sekolah Dasar. Prosiding University Research Colloquium, 297–302. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/446