Analisis Tindak Tutur Asertif dalam ILC Episode Kembali Mega Versus SBY: Kajian Pragmatik

Authors

  • Rani Setiawaty Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

pragmatik, tindak tutur asertif, fungsi, bentuk, strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk, fungsi, dan strategi tindak tutur asertif dalam acara talk show Indonesia Lawyers Club (ILC) episode kembali Mega versus SBY dengan pendekatan pragmatik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data berupa tuturan (kata-kata atau kalimat) yang mengandung tindak tutur asertif (selanjutnya disingkat TTA), sedangkan sumber data berupa komunikasi yang terjadi dalam diskusi ILC episode kembali Mega versus SBY. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Teknik analisis data menggunakan metode padan pragmatik dengan teknik dasar pilah unsur penentu (PUP). Keabsahan data menggunakan trianggulasi teori dan diskusi dengan teman sejawat. Berdasarkan hasil pembahasan ditemukan pertama, terdapat tiga bentuk TTA yang meliputi bentuk deklaratif, interogatif, dan imperatif. Kedua, fungsi TTA meliputi memberitahukan, menduga, menyarankan, mempertanyakan, mengeluhkan, menuntut, dan membanggakan. Ketiga, strategi TTA meliputi strategi langsung dan strategi tidak langsung. Realisasi fungsi, bentuk, dan strategi TTA oleh peserta diskusi berdasarkan keragaman konteks yang melatarbelakangi wacana percakapan dalam ILC.

References

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Bineka Cipta.
Dewi, Gusti Ayu Ratih Sintya, I Nengah Suandi, dan Ni Made Rai Wisudariani. (2016) “Jenis, Bentuk, dan Fungsi Tindak Tutur Meme Comic pada Facebook”. e-Journal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 5 (3): 1-11.
Djojosuroto, Kinayati. (2007). Filsafat Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Mahsun, M.S. (2014). Metode Penelitian Bahasa Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi Metode dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mubaligh, Ahmad. (2010). “Relasi Bahasa dan Ideologi”. Lingua Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 5 (2): 112-118.
Pradita, Shindya Risna, Rusdhianti Wuryaningrum, dan Anita Widjajanti. (2015). “Tindak Tutur Asertif dalam Acara “Dr. Oz Indonesia di Trans TV”. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1 (1): 1-5.
Prayitno, Harun Joko. (2017). Studi Sosiopragmatik. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta Press.
Rohmadi, Muhammad. (2010). Pragmatik: Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sinaga, Mangatur. (2013). “Tindak Tutur dalam Dialog Indonesia Lawyers Club”. Jurnal Bahas, 8 (1): 15-24.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Sanata Dharma Universitas Press.
Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. (2011). Analisis Wacana Pragmatik: Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Setiawaty, R. (2019). Analisis Tindak Tutur Asertif dalam ILC Episode Kembali Mega Versus SBY: Kajian Pragmatik. Prosiding University Research Colloquium, 283–289. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/444